Mata Ikan Episode 2

Episode 1 nya di sini…

Setelah dioperasi, 1 bulan kemudian dua-duanya nongol lagi. Terutama yang paling bangkot, jadi lebih sangat sakit walaupun ga dipake jalan. Gara-gara aku kapok operasi, aku coba cari cara lain. Denger-denger dari Septine sih dia punya plester khusus mata ikan dari Jepang. Dulu dia pernah pake dan langsung hilang. Yang artinya, mata ikan ga perlu dioperasi segala.

Aku langsung browse di Internet. Eh, ternyata tu plester ajaib emang ada. Tapi kebanyakan yang beredar yang dari Cina, katanya bisa didapat di apotek terdekat (menurut pandapat salah seorang blogger). Kata orang-orang di inernet sih dalam 2-3 hari, ntar mata ikannya copot sendiri… Pakai collomack pun bisa, tapi salep itu sudah hilang dari peredaran dan kabarnya diganti ke bentuk plester. Ada lagi yang bilang pake daun labu apa gitu… Macem-macem lah.

Akhirnya aku minta ibu minta dicariin tu plester. Di apotek kimia farma ga ada ternyata. Eh, tu plester malah ketemu di apotek tempat aku jatuh taun lalu (emang jatuhnya udah takdir kali yaa). Adanya plester cina itu, tengahnya ada spons bentuk donat, di tengahnya ada cakram padat empuk berwarna merah (nah itu obatnya).

Masalahnya si plester itu punya petunjuk pemakaian yang ditulis dalam bahasa mandarin. Yaaaa mana bisa kebaca. Aku cuma liat ada tulisan 24, yah mungkin harus diganti tiap 24 jam sekali kali ya? Cara kerjanya, si obat merah itu mematikan jaringan di sekitar mata ikan (makanya nempelnya harus pas), trus di bawahnya, jaringan penggantinya terus menerus diperbaharui tapi tanpa mata ikan. jadi kayak ada jaringan mati tambahan disekitar mata ikan, warnanya putih kecuali di permukaan (merah).

Sakit? KAlo aku mah ngerasa ga. Tiap kali tu plester kubuka, aku berusaha mencopot kulit yang warnanya merah dengan maksud obatnya cepat meresap ke dalam, dan ga sakit. Pernah suatu hari, setelah aku ganti plester, itu kerasa sakitttt banget, perih, tapi aku gak tau kenapa. mungkin gara-gara sudah mulai mencapai akar mata ikannya. Tapi yang jelas, aku butuh lebih dari 3 minggu untuk bikin tu mata ikan completely removed from my toe.

Kalo kena air gimana? Wah, ga tau juga. Seminggu pertama aku pake, aku berusaha ga kena air, dan hasilnya si plester itu lebih cepat mematikan jaringan. dua minggu setelahnya aku biarin aja, mo kena air bersih maupun air becek, gak ada infeksi ato apa, cuma yaaa… buat aku jadi kerasa lebih lambat aja proses pematian jaringannya.

Tapi khusus untuk satu mata ikan lain yang tiba-tiba nongol gara-gara kapalan pake sendal hak tinggi yang jepit, ni plester bersikap ajaib. aku cuma perlu waktu 2 hari sampai si plester itu berhasil membuat kuliat di sekitar mata ikan aku mati, terangkat, dan menyisakan daging tanpa kulit di dalamnya, mata ikannya keliatan nong-nong. Selanjutnya, Ibuku yang ngorek-ngorek tu mata ikan sampai akhirnya dia bilang, “Tuh, angkat yang itu, mungkin akarnya.”

pas kuangkat, aku kaget setengah mati. yang kuangkat itu persis serpihan kaca dengan panjang 5 mm, bentuknya hampir prisma. Buseeet, pantes aja luar biasa sakit, dalemnya aja ada benda tumpul kayak begitu (macam santet sajaa).

Lain kali, kalo ada yang mata ikan bakal aku anjurin, udah pake plester aja. Harga 1 paknya isi 6 harganya 4000 rupiah saja. dibandingkan dengan operasi setengah juta yang aku jalanin januari lalu, terus nongol lagi pula, ya mendingan plester lah. Cuma ada kekurangannya juga sih, sampai sekarang aku ga tau gimana caranya ngilangin bekas kulit mati yang warna putih itu. Kalau dicabut, pasti dagingnya langsung terekspos. Ya sudah, aku plesterin pake hansaplast biasa.

Ya begitu deh kisah dua mata ikanku yang sudah tamat riwayatnya (satu lagi karena ga sakit, ga aku apa2in).

40 thoughts on “Mata Ikan Episode 2

  1. ilma'is'mail says:

    ck,,,mata ikan lagi….????

  2. ummu huraeera says:

    mata ikan lagi?sekali kali daging ikan pasti si pus doyan tuh, kamu demen ma kucing?aku ibu-nya kucing lho…btw infonya membantu bgt, thanks

  3. meongijo says:

    haaaa, daging ikan? haha… tapi maunya daging tuna aja, hihi.
    loh, ibu meong? kok bisa?
    sama2, senang bisa membantu ^_^

  4. amalia says:

    Salam kenal, saya amalia.
    Di kaki saya juga kayaknya mata ikan yg kecil tp lumayan sakit.
    Saya mau tanya, apa klo pake plester itu, bekas kulit mati yg warna putih itu rapuh banget ? dalam artian gampang terkelupas?

  5. meongijo says:

    @ Amalia
    salam kenal juga!
    yep, gampang terkelupas. Tapi beda-beda sih, mata ikanku yang satu gampang banget ngelupasnya, cuma sehari pake dia langsung mbredel. Yang satu lagi harus diplester 3 mingguan, dan itupun bagian putih-putihnya harus dikelupasin sendiri (saking tebelnya). Yang lebih gampang rapuh itu yang bagian merah. Yang merah udah pasti kulit mati, sedangkan yang putih kayaknya nih masih transisi. Di permukaan dia kalo dicabut ga terasa sakit, tapi makin mendekati daging dalam, dia bakal sakit banget kalo ditarik.
    Jadi hati-hati ya sama bagian putihnya.Kalau mau aman, bagian merahnya aja yang dikelupasin…
    Yang putih itu, kalo kita stop penggunaan plesternya, dalam waktu beberapa minggu bisa balik lagi ke kulit semula.

    • tama says:

      tau nya mata ikan nya sdh gak ada lagi darimana?… apa kalo jalan sdh gak sakit lagi berarti udh mati mata ikannya? ataw tetap akan kelihatan bolong dulu baru artinya udh keangkat mata ikannya?. Terus kalo kita tarik kulit putih nya sampe kelihatannya daging merah nya,… apa masih harus pake plasternya?… thnks sblm nya.

      • meongijo says:

        mata ikan sebaiknya dihilangkan kan krena sakitnya mengganggu. kalau udah ga sakit lagi ya bagus. cuma karena saya bukan dokter atau scientist mata ikan, ga bisa bilang apakah itu udah bisa disebut hilang atau bukan. mungkin bekas mata ikannya seperti kulit yang mengeras masih tertinggal, tapi selama itu ga mengganggu ya mending ga usah diapa2in..

        semoga membantu :)

  6. boni says:

    bisa tahu gak alamat apotek yang jual plesternya (di jakarta ya).
    thks…..

  7. meongijo says:

    yahhh kalo di jakarta mah ane ga tau….
    coba apotek manapun aja dulu, mungkin chance untuk menemukannya di apotek yang tradisional lebih besar :)

  8. maya says:

    haloo… tolong diberitahu nama plesternya apa? trus beli dimana?
    thx

  9. meongijo says:

    wah, nama plesternya ga tau. tulisan cina semuaa,, haha

  10. will says:

    Cari di apotek / toko obat di daerah candra / glodok. kemasan ungu ada gambar telapak kaki (warna kuning). produksi shanghai medical instrument groups

  11. dhuwur says:

    ak jg baru kena nih, mata ikan. kata temenku yg perawat emg suruh di bedah, karna ada akarnya.
    tp ak takut je yg namanya operasi. thanks for the info, tak coba cari plester ajaib nya itu,, doain berhasil yah,,:)

  12. dimas says:

    Ntar mata ikannya tuh copot sendiri ato kita sendiri yg cabut?

  13. dimas says:

    Punyaku ini udah keliatan ngejendol gitu, apa harus dicabut? Apa nunggu aja? Kalo dicabut sakit ga? Ntar jadi bolong dong kulit kakinya?

    • meongijo says:

      iya bolong, tapi ntar tumbuh lagi kok. kalo udah cukup kering, cabut aja :) kalo masih basah, mkasudya masih ada darah yag mengalir ke situ (kalo ga kuiltnya cuma putih doang) pasti sakit kalo dicabut.

      • melli says:

        kenapa disekitar mata ikannya agak terasa perih ya?…(disekitar buletan sponge nya) padahal mata ikan udh ngejendol keluar?… Dikorek pake apa ya sebaiknya untuk mengeluarkan mata ikannya?

  14. dimas says:

    Thx bgt infonya. Worthed!
    Mau sembuh nih :)

  15. nafa says:

    kalau gw sih emang suka kejam ama diri sendiri

    jadi pernah tuh bakal mata ikan gw kopekin pake tangan ras.. di cungkil2 gitu. ga berdarah sih.. tapi rada perih

    tapii ga pernah beneran jadi mata ikan tuh. ga pernah kambuh lagi juga
    alhamdulillah

    hehe

    *kalau ga tega JANGAN di tiru… daripada nangis hehe ;)

  16. arbain says:

    Thx infony, gw jg baru beli ni di apotik harga 4500.

  17. dimas says:

    kok msh tumbuh lg ya? Gmn dong? Frustasi mikirin ini terus!

  18. meongijo says:

    tumbuh lagi? wahahaha…

    turut berduka cita. mungkin yang salah bukan pengobatannya tapi cara jalannya dimas *itu di kaki kan? kalo cara jalan atau alas kakinya sama-sama aja, bisa jaditumbuh lagi. tapi ga tau juga sih, aku sendiri ga tau pasti penyebab mata ikan itu virus, tekanan, atau apa… cuma bisa jadi kan, gara2 cara jalannya salah trus pake alas kaki yang ga bersih dan ga nyaman di kaki nyebabin mata ikannya tumbuh lagi.

    semoga cepat hilang :)

  19. dimas says:

    Akarnya itu lho, gak ilang2
    sampe desperate aku ngobatinnya!
    Emg akarnya itu gmn bentuknya?

  20. Depus says:

    Just share, saya hari ini baru menjalani katerisasi mata ikan di rs hermina bandung. Penyebabnya virus yg masuk ke dalam kulit via luka di bagian tubuh trus bisa jadi kita ga higienis kakinya.
    Pas disuntik obat bius..weeeww sakit banget! x(
    diameternya kecil sih cuma 1 cm. aniho, dokter ga menjahit bekas operasinya.. dia cuma ngasih salep oles di lubang bekas pencabutan mata ikan itu (spooky hole!) n ditutup plester. minggu depan mesti kontrol lagi ke dokter itu.

    Btw, liat storynya meongijo ko aga serem ya bisa tumbuh lagi itu si eye fish………

  21. aslan says:

    Gue br aja operasi bedah tu eye fish,gila..sakit bangeet pz d suntik bius,cm bisa nyebut..
    Smga ni kali ptma dan trkhr gw ngalamin pnyakit yg namany mata ikan..

  22. meongijo says:

    @melli
    wah aku sih ga ngerasain perih.
    mungkin infeksi? mungkin sebaiknya ke dokter?
    waktu itu aku korek pakai tangan… kalau pakai logika, korek pake sesuatu yang sudah disterilkan :)

  23. englin says:

    aslm..
    lam kenal ya..
    minta solusi bt nyembuhin mata ikan donk.. coz sakit n kesiksa bgt…
    aku dah 1 bln kena mata ikan.. kata ibu koz katanya pk callusol lalu aku pk tuh callusol dpt 2 minggu daerah mata ikan jd melebar n ky nanah tp aku tetap pk tuh callusol dah lama kelamaan kulitnya mengelupas ya ma aku di cabut kulit yg mengelupas tuh. pas dah lepas c kulit tuh aku berhenti pk callusol coz low pk sakit bgt ke kulitnya n bisa mengelupas mkn krn kulitnya dah ipis bgt. pas dpt 1 minggu daerah yg terkena mata ikan sakit lg ky’y muncul lg berbentuk ky nanah( ky bisul) rasanya sakit minta ampu.
    sakit bgt… aku mau minta solusi gmn cr nyembuhinnya??? menurut kalian berobat/pk plester cina??? low pk plester cina dmn beliinya?? aku tinggal dibandung…

    plizzz kasih tau coz aku dah ga tahan n ga kuat ma sakitnya..

    • meongijo says:

      aduh maaf ya, aku ga terlalu ngerti. Hehe.. kayaknya sih itu mata ikannya nongol lagi.
      Callusol ya? Coba konsultasi ke dokter kulit aja, tapi jangan serta merta minta diangkat dulu. Mungkin penyebabnya karena tekanan, jadi yang dirubah adalah cara jalan atau alas kaki. Atau mungkin kakinya kurang bersih. Atau mngkin kulitnya sensitif jadi sakit kalau pake callusol. Well, could be anything. Jadi lebih baik konsultasi ke expertnya.

      Kalau soal plester itu, yah mau ga mau dicari satu persatu di apotek-apotek. Aku juga di Bandung, waktu itu dapatnya di apotek terusan jalan jakarta dekat tempat futsal, di depan gedung dep kehakiman (Atau apa ya namanya, lupa). Atau coba di apotek di belakang pasar baru, setauku itu apotek murah dan lengkap banget karena hampir semua apotek di bandung ambil barang dari situ. Smoga membantu..

  24. englin says:

    oh ya lupa saat ku pk callusol setiap pagi n sore mata ikannya tuh di bersihin pk air hangat(direndam) pa tu berakibat ga ya coz terkena air terus mata ikannya?? lbh baik kena air/jgn?? low jgn pe berapa hari???

    _makasih

  25. Hernita says:

    2bln yg lalu q jg kna mata ikan dkaki kananq.lalu q operasi kdokter.g trasa sakit c tp pyembuhan luka’y it yg lama bgt smp 1bln stgh q jln pincang2.eh trnyta tumbuh lg mata ikan it dkaki kiriq.skrg t pke plester ja q g brni oprasi lg.tp kok lama bgt y smp 2 mgguan blm copot2.bneran ta bs copot sndr mata ikane it?kulit putihe dah q klupas tgl kulit merah’y q g brni cz perih bgt.ap yg hrs q lakukan?

  26. marvel says:

    adohh ..
    Parah bgt ni mata ikan, ga pake jln aja udh nyeri.
    Wahh, serem jga y biar udh d operasi bsa tmbuh lagi..
    Mksdx tumbuh lg d daerah oprasix??
    Wew..
    Ini gw nulis smbl kesakitan nahan perih mata ikan..
    Hmm, ntar nyobain buat bli plester

    Btw,ad jg tuh obat tradisional bt mata ikan
    Make kapur sirih d cmpur sabun colek trs d olesin..

    Ini gw lg make, mdh2n brhasil
    Adowww sakit

  27. sanya says:

    Wah, dulu wkt kecil adik saya kena mata ikan..awalnya cuma satu ditelapak kaki kiri..lama2 jd banyak muncul di telapak satunya lagi ama pinggir jempol kaki..total jd 9.wkt itu saya jg ms kecil, jd saya maenin deh mata ikannya..saya korek2in pake jarum mpe berlubang, trus saya sempilin garam..(Adik saya nangis tentunya) tiap malam kl lg tdr pasti saya korekin.hehe..tp lama2 ilang semua mata ikannya.satu hilang, semuanya ikutan hilang. Lalu giliran pinggir jempol tgn saya yg kena..kali pakein kapur sirih gk mempan jg, akhirnya pake cara dulu..tiap mucul baru saya guntingin sampai halus..skrng sdh hilang..hehe

  28. adityakuza says:

    Assalamualaikum. Tulisan teteh adalah salah satu refernsi saya akhirnya untuk mulai pakai plester mata ikan. Saya baru 1 kali ganti, awalnya pas dibuka plesternya (setelah 1 setengah hari dipakai) sempet kaget juga, kaya yang bengkak gitu, apalagi ditambah dengan warna merah darah, tapi setelah saya gosok perlahan pakai sikat gigi, warna merahnya mulai memudar, lalu kulit warna putih yang tebal itu saya siletin tipis2 (ga kerasa, seperti kulit mati), sekarang setelah dirasa cukup tipis, saya pakai plester kedua.

    Wismilak ya teh…. huhuhu… :)

    Sekalian nanya : Kok klo di cerita teteh ga ada adegan berdarah2 gitu ya setelah kecabut akarnya? Saya pengen dijelasin aja gitu ending ketika bener2 sembuhnya gimana. Thanks…

    Salam kenal .. ;-)

    • meongijo says:

      waalaikumsalam, wah senang sekali jadi referensi :) makasih yaa

      emang ga berdarah-darah kok,cuma keliatan daging aja hehehe makanya ga ada ceritanya.

  29. rezz says:

    Mbak saya baru saja memakai tuh plester.. saya mau tanya setiap ganti 1×24 jam mata ikannya harus dibersihkan dulu ya sebelum di tempel plester baru.?

    di bersihkannya pakai air gpp? atau ada tips yg lain?

    terima kasih.

  30. dino says:

    hey thanks infonya,btw aku kan udah 3 minggu kena udah pake kalusol gak sembuh”,cuma kulit sekitar tu putih,kulit mati,tapi mata ikannya masih blum sembuh,rencana mau beli plester tapi nyari ditoko cina gak ada,klo disemarang ada yang tau gak? terus tau bener” udah sembuh gmana ya?

  31. mbaa.. itu plesternya beneran 4000/pack? td nemu ada yg jual tp 15000/pack. plester china jg.

    tiap plesternya dibuka trus maw pasang lagi harus dibersihin/digosok2?? harus disilet tipis2 ga?

  32. rangsat says:

    saya lagi googling tentang penyembuhan mata ikan, eh nemunya blognya kamu Ras, haha.. Mudah mudahan udah ga nongol lagi ya mata ikanmu

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

