Integritas!!!

Hihi…

Gila…

I’m changin the way I live now. This week only sih kayaknya. Tapi itu udah membuat banyak orang kecewa nampaknya.

HIdupku sama-sama aja. Tapi perbedaan mendasarnya adalah prioritas. Kemaren-kemaren my top priority adalah urusan himpunan dan belajar. Sekarang, top priorityku adalah business game.

Btw, business game ini diselenggarakan sama himpunan TI STT Telkom. Satu tim 3 orang, aku, Hanief, Doddy. Untuk kualifikasi, setia tim dikirimin soal trus jawabannya dikumpulin besok lewat email.

Kalo sesuai dengan apa yang udah dipelajari sih mending… Ini aku aja yang udah ambil materi ekonomi dsb dari tingkat 3, ilmunya masih belum cukup buat ngerjain tu soal. Maklum, tu soal asli manajemen pemasaran banget, notabene di TI ITB itu adanya di mata kuliah pilihan tingkat 4.

Akhirnya, dengan bermodalkan buku bekas S2 nya Papa… kami berusaha ngesolved soal-soal hitungannya. tapi soalnya pun rancu dan kurang data. Walhsil, 2 hari pertama ngerjain kami penuhi dengan membuat asumsi dan mempelajari rumus.

Yah singkatnya begitu. Back to the topic, hari ini…

“Ras, jangan lupa jam 3 bikin juknis PPAB!”, kata Otong.

“Oh, oke!” emang udah niat mau datang. Tapi karena urusan business game itu, aku melewatkan pembuatan juknis itu tanpa izin dan tanpa rasa bersalah. sampai Otong akhirnya datang menghampiri ketika aku sedang santai di depan himpunan (santai? Gak juga, lagi diajak sharing bentar sama Dita).

“Eh, udah selesai Tong?”

“Udah, dari tadi… Besok lanjut lagi.”

“Oh gitu? Yes bisa datang (karena urusan business game sudah selesai)!”

“Emangnya tadi kemana kamu Ras? Kecewa saya…”

Wah, walopun mungkin kata-kata Otong bercanda, tapi yang jelas ini menunjukkan ketidakintegritasku pada ucapanku sendiri… yang bilang pengen datang dan sebagainya. Oh, dimana komitmenku?

Kali cerita kedua, saat MTI voli cewe harus merebut juara 3 dari tangan HMS. Mita dan Gana dan entah siapa lagi yang udah ngajakin aku untuk nonton mereka jam setengah empat. Aku bilang Insya Allah dengan menyakinkan dan niatnya emang mau nonton. Tapi apa daya…

ah, udah setengah empat. Tanding voli nih. Aduh, tapi ni jawaban nanggung nih. Bentar lagi ah…

dan terus menerus seperti itu sampai jam 5. Sampai kerjaan ngerapihin jawaban business game selesai. Sampai mendapat berita bahwa MTI kalah….

Bersalah? Iya…

But on the top of those, aku mulai mempertanyakan kemana integritasku yang selama ini aku junjung seumur hidup?

Bahkan sampai jadi materi PPAB taun ini segala?

Dan urusan integritas ini bukan sekedar public speech untuk 2007 doang, tapi ini urusan akhirat juga oy…

It’s just like lying. Dan aku paling benci berbohong maupun dibohongi. Apalagi Allah ya…

Entahlah, entah… Aku akan coba untuk kembali ke hidupku yang biasanya…

4 thoughts on “Integritas!!!

  1. Seringkali kita nyalahin waktu yg kurang. ‘Gak sempet’ jadi alasan nomer wahid. Pdhl pas ada kesempatan pun, tetep gak dikerjain tuh urusan. (pengalaman pribadi nih..)

    Seorang teman berkata -dalam tulisannya- :
    “Waktu cuma limitasi, dia bukan musuh. Musuh gw adalah inkonsistensi dan disintegritas..”

  2. meongijo says:

    quotenya keren mail… gimana cara kita perang sama si musuh yang dua itu ya?

  3. Irra says:

    hidup itu ada manis pahitnya
    alhamdulillah, MTI bisa ngasih dua-duanya
    ya kan?🙂

  4. Aku juga suka ngalamin hal sama ras…
    Tp aku ngerasa itu gara2 aku yg terlalu gampang berkomitmen ato dengan kata lain kurang bisa menolak tanggung jawab tambahan…dan akhirnya muncullah conflict of role.

    Klo aku sih mau blajar tuk berani memilih peran mana yang paling prioritas dan menolak tanggung jawab tambahan jika ada potensi konflik.

Leave a Reply

