Supermi dan Speedy — Ad Review

Akhir-akhir ini ada dua iklan TV yang menarik perhatian aku.

1. Supermi seri GOreng tanpa kuah

Luar biasa! Luar biasanya dari segi inovasi produknya, berani lawan arus! Tiga varian yang ditawarkan dalam seri goreng ini adalah hasil transformasi dari rasa soto, kari, dan ayam bawang yang sudah lengket di pikiran kita sebagai mie kuah. Dan sekali lagi, benar-benar terobosan yang luar biasa, berani mengubah rasa mie kuah menjadi mie goreng.

Tapi rasanya kayak gimana, aku juga belum coba. Hehe… Cuma aku ga habis pikir, kreatif banget ya.. Out of the box banget. Aku rasa, di tengah persaingan mie yang udah mulai jenuh dan produknya itu-itu aja, kehadiran supermi goreng ini bakal jadi penyegar suasana.

Dari segi komunikasi iklannya juga aku bakal ngasih 5 dari 5 untuk ketersampaian pesan. Pesannya jelas dan buatku… kata-katanya bener-bener bikin penasaran untuk nyoba. Seperti kata-kata, “Soto digoreng? Gimana tuh?”

Visualisasinya juga menarik, menganalogikan dengan kolam renang yang ga ada airnya… Menggunakan sekumpulan anak-anak muda, it describes for whom the products were innovated to, right? Untuk kaum muda yang mau mencoba hal-hal baru. Cuma, takut aja kejadiannya kayak serian Indomie Goreng dengan brand Chatz Mie (inget gak, endorsernya Agnez MOnica), yang rasanya beda sama mie konvensional (rasanya apa saja aku juga udah lupa, pokoknya rasa-rasa anak muda gitu lah…). Nyatanya mie itu sudah tenggelam sekarang, gak tau kenapa…

Will Supermi Goso, Gobang, n Gokar go to the same way like Chatz Mie? Or follow Mie Sedap’s triumph over Indomie? Let’s just see…

 

2. Speedy versi Taxi

Asli ni iklan kocak abis. Awalnya biasa… pas tau supir taxinya make kacamata kuning, wah udah ada firasat pasti ni iklan aneh deh… Beneran kan, ternyata iklan ini parodi dari film Taxi.

Yang bikin ngakak tuh pas si supir taksinya ampe pake Nitro segala… dan pufff, taksinya nyampe di Stasiun Jakarta Kota. Pesan dari si iklan ini sama sekali ga jelas (selain cuma sekedar parodi) ampe si pelanggannya membuka mata dan bilang, “Haaah, ini bukan bandara!!!”

Langsung deh Carissa Putri di atas mobil sedan terbuka menjentikkan jari dan bilang pilih yang cepat dan tepercaya, yaitu speedy… (awalnya agak bertanya-tanya, kenapa juga carissa puteri yang jadi endorser? kenapa ga naratornya aja yang ngomong itu?)

Gila, keren abis. Kita ga bakal tau itu iklan apa sampai di akhirnya. Iklan-iklan begini nih yang aku suka, lucu dan ga ketebak iklan apa.. Tapi pesannya jelas banget! Speedy sekarang udah mulai digempur sana sini. Di wirelessnya lagi digempur sama provider operator GSM penyedia 3 G dan 3,5 G. Walaupun harganya dengan speedy lebih mahal, tapi kecepatan (3G katanya bisa secepat speedy, sementara 3,5 G bisa 7x lebih dari speedy biasa) dan kemudahan akses (anywhere selama sinyal si operator tersebut ada — tapi kecepatan aksesnya bergantung jaringan GPRS/EDGE/HSDPA mana yang ada) benar-benar menggoda iman pelanggan internet.

Dari segi cable, di bandung malah lebih banyak lagi yang menawarkan paket berlangganan dengan harga jauh lebih miring dan diklaim mempunyai kecepatan yang sama dengan speedy. Jadi menurutku, ga salah kalau speedy meluncurkan tagline “Cepat dan Tepercaya”. Speedy nampaknya ingin mempertahankan pelanggannya dari gempuran ISP lain — yang sama cepatnya tapi belum tentu reliable. Soalnya aku pengalaman banget nih sama Speedy yang suka rewel… tapi begitu telepon ke 147, responnya bisa dalam 1×24 jam petugasnya datang ke rumah untuk meriksa.

Tapi kalo dibilang tepercaya cepatnya yaaa… pertanyaan besar. Setahuku, kualitas kecepatan speedy tergantung sama kualitas kabel telepon dan jaringannya di sekitar rumah kita. Kalo jelek ya lambat. Menurutku terlalu cepat bagi speedy untuk mendeclare dirinya sebagai yang cepat dan tepercaya, kalo mau ya perbaikin dulu kabel telepon didaerah… Kalo di kota maaah, ya terbukti bagus…

Kritik, saran, tanggapan?

One thought on “Supermi dan Speedy — Ad Review

  1. sama oii. aku juga suka ma iklan-iklan yang lucu. punya koleksinya ndak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: