Friendster vs Facebook

Dua-duanya sama-sama friend networking, dua-duanya sama-sama sedang berkembang pesat, dua-duanya sama-sama berhuruf F. Aku termasuk yang awalnya anti sama jejaring macam begitu. Alasannya adalah bikin runyam kehidupan saja. Kamu bisa baca testimonial dari orang, kamu bisa tau status seseorang, kamu bisa kenal sama orang dari mana saja (maksudnya kadang-kadang suka ga jelas apa dan siapa), dan tetek bengek lainnya yang buatku itu melanggar batas-batas privacy.

Pertama kali kenal friendster tu jaman SMA. Dari SMA ampe kuliah tahun pertama, aku masih anti luar biasa sama networking macam begtu. Tapi ga tau deh kesambet apa, sampai akhirnya menjelang akhir tahun aku bikin account di friendster.. Terus malah ketagihan.. Hahaha…

Tapi bukan berarti alasan-alasan aku benci sama friendster gak kejadian dengan ketagihanku itu, JUSTRU MALAH KEJADIAN!! Kalau orang antah berantah tiba-tiba ngeadd dan ngirim testi-testi ga jelas, mending lah. Ini mah aku sendiri yang jadi kayak spy, memonitor testimonial-testimonial (dan status) orang supaya dapat informasi. Dan ga jarang informasi-informasi yang aku dapat itu malah bikin aku runyam sendiri. Well, sebenarnya kalau dilihat masalahnya ya bukan aku yang salah, tapi malah jadi aku yang disalahin karena kau udah ngeganggu privacy orang (heh, siapa suruh profilenya kebuka-buka??)

Berlanjut ke ketagihan bulbo alias bulletin board. Padahal mungkin maksud hati yang bikin bulbo itu buat pengumuman, ini mah malah aku jadiin ajang menjawab pertanyaan-pertanyaan gak penting yang dipublikasikan. Heiy, bukan berarti aku ngaku salah… Cuma ngaku dosa.. Tapi karena dosanya bikin seneng, jadi ya masih diterusin,, hahaha.

Tahun lalu, aku dapat berbagai email yang isinya dari teman-teman yang ngajak punya account di Facebook. Awalnya aku ignore, buat apalah… ngurus satu friendster aja udah runyam ini masih mau tambah Facebook. Eh, aku malah kesambet lagi. Bulan lalu aku bikin account facebook. Dan, wow.. Aku berani bilang kalofacebook itu much much better than friendster. Ada newsfeed (kalo buat ngintai-ngintai, jadi makin mantabh), ada aplikasi yang interaktif banget, nemuin teman juga lebih gampang…

(Sedikit cerita, baru aja aku baca Intisari yang ada artikel tentang Marck Zuckenberg, founder and CEO of Facebook. Umurnya baru 20an, and he makes himself a billionaire! Sama kayak Bill Gates, dia juga jebolan non sarjana Harvard alias DO. Bill Gates begitu kagum sama dia sampai-sampai dia pribadi bikin account facebook, dan bersama-sama dengan Mark, dia bergabung dengan Harvard dropouts  group– dan ternyata kalimat terakhir barusan adalah parodi semata)

Aku sempat ketagihan facebook tuh selama 4 hari. Barangkali ada yang bertanya-tanya kenapa cuma 4 hari padahal aku bilang Facebook itu lebih baik daripada Friendster. Alasannya cuma satu, Kuota. Yep, buatku yang masih pake speedy limited quota, situs-situs yang banyak konten multimedianya macam youtube dan facebook (myspace dan flickr juga) adalah musuh nomor satu yang sebisa mungkin dihindari. Facebook yang tadinya tampak sempurna menjadi cacat gara-gara banyak banget orang yang naruh application di profilenya, penuuuuuh banget ampe ngescrollnya pun harus sepanjang khatulistiwa. Mending kalau cuma harus ngescroll, ini juga harus download kontennya walaupun cuma sebatas icon (tapi kalo gambarnya banyak ya mampus juga lah aku).

Akhirnya aku kembali pada the old friendster. Tapi mulai mbosenin juga gara-gara sekarang sepi… BUlbo pun sudah tak menarik hati lagi… Sementara itu teman-teman friendsterku sudah mulai pasang shotout “lebih suka facebook” atu “facebookan ah”…

Dilema nih, huahaha…

8 thoughts on “Friendster vs Facebook

  1. Aslm…
    Sbenarnya klo dari segi efisiensi pemograman website FS ama Facebook lebih efisien Facebook..

    Facebook udah memanfaatkan teknologi AJAX yg dampaknya kita ga harus refresh2 halaman ketika ada perubahan. Contohnya ketika kita nulis komen di FS kita musti tekan tombol submit trus halaman FSnya akan di-load lagi secara keseluruhan. Tp kalo kita nulis di wall (smacam komen) di Facebook, ketika tombol submit di klik maka halaman tersebut akan diupdate pada bagian tertentu aja, nggak keseluruhan halaman. Jadi lebih hemat bandwidth sebenarnya.

    FS sekarang lebih cepat loadingnya karena servernya udah ditempatkan di asia tenggara…Aku lupa d negara mana aja…Klo facebook masih d Paman Sam. Management FS sadar kalo customer terbesarnya orang asia tenggara (Philippine & Indonesia) maka mereka menempatkan servernya d dkt2 sini biar loadingnya cepet.

    Summary:
    FS:
    +Loading lebih cepet
    +Tampilan mudah d kostumasi lwt CSS
    +Udah bnyk temennya ^^
    -Boros bandwidth
    -Blok layoutnya ketinggalan jaman

    Facebook:
    +Loading agak lambat
    +Tampilan kurang bisa d improv
    +Blok layoutnya bisa di geser2 (karna AJAX)
    +Bandwidth efisien (karna AJAX)
    +Aplikasinya variatif dan banyak bgt
    -Musti nyari temen2nya lagi dari awal klo sblumny ud make FS

    Bikin dua2 aja ras…walau redundant tp gpp-lah
    khan itu demi kepentingan sosial networking
    smakin luas jejaring sosial kita akan smakin bagus tuh…

  2. meongijo says:

    waaaah… sudut pandang intelektual…
    gitu ya.. thanks for the information.. tetep aja kan.. boros bandwith.. hihi

  3. jimz says:

    jah menurut gw sih friendster lebih oke….facebook cupu lemot dan ga mantab kaya fs bisa di modifikasi abis…..sooo friendsteris the best for me….http://www.friendster.com/jimzzzy…btw gw ada facebook juga sih…kwkwkwkw…salam kenal yah…

  4. Quchie says:

    fesbuuukkk lebih okeee..

    skarang fesbuk dah ga kayak dulu lg.. yg kalo buka profil orang lamanya minta ampun gara2 kebanyakan app.. skrang lebih jelas.. lebih fokus sama info dari si pemilik fesbuknya.. manteeepp deehh…

  5. nad says:

    vote for facebook🙂

  6. amboi says:

    gw sih facebook jg! wlopun dah punya fs siih..
    Coz, di fb gw bisa maen komen2an poto tmn, trus maen tag2 an gt, bisa lngsung chating am yng lagi ol, trus bisa nantangin maen game, jadi pamer2 skor gt de! hahahaha! iya sih, layoutnya ga bisa diutak atik kyk difs.

    ABis, Fs masih gtu2 aj siih… apalagi akhr2 ni kode2 fs lagi difilter. gw yang seneng utak atik fs, jadi kefilter juga deeh.Fs gw jadi “abyar” gt. huh!

    hehehe!

  7. ozant says:

    saya punya dua-duanya FB ama fs tapi ada 5 alasan mengapa facebook digemari dan itu mungkin kelebihannya dari FS

  8. agustri says:

    fesbukkan deh sekarang. sama nasibnya dengan situ .:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: