Buku-Buku (dan ref untuk semester ini :P)

Aku paling ga tahan ngeliat buku. Tadi aku ke Elvira untuk menagih buku PPPnya Nahmias yang udah kupesen sejak seminggu yang lalu sama pengen ngeliat wujudnya buku pegangan Analisis Biaya : Cost Accounting : A Managerial Emphasis  karena konon katanya Elfa sudah beli di situ.

Walaupun sudah berkali-kali melihat harga imported text book di situ, tetap saja aku suka merasa keberatan dengan harganya. Semester yang lalu aku beli Thermodynamics Cengel ampe 300 ribu setelah diskon (padahal Cuma kepake 1 semester, huhu). Untung buku Operational Researchnya Taha kutemukan di belantara Palasari waktu tingkat 1, edisi 4 Cuma 70 ribu rupiah saja. Edisi barunya di Elvira mencapai 200 ribu rupiah. Mirip dengan Probability and Statistics Walpole – Myers yang dijual mendekati limit 200 ribu, hanya saja aku keburu fotokopi bukunya dari perpus jadi ga beli yang asli.

But now is a different case. Papa punya banyak banget buku Akuntansi Biaya bekas kuliah MBAnya dulu. Tapi dasar pas aku ngeliat si buku Cost Accounting itu, langsung deh kalap. Bukunya baguuuus banget. Easy to understand, layoutnya ga bikin pusing. Ada penjelasan tentang softwarenya juga lagi. Apalagi kata temanku, tu buku persis banget sama slidenya dosen anabiku. Harganya 217 ribu setelah diskon. Jadi inget pas tadi pagi Anggi cerita, dia dapat buku itu di Palasari tapi edisi bahasa Indonesianya yang seperti biasa, dipisah menjadi 2 jilid dengan total harga 250 ribu.

“Mum boleh ini ga? Tapi masih ada satu buku lagi yang mesti dibeli, harganya ga jauh beda…”

“Kalau kamu mau ya beli aja. Kan kamu tau, Ibu tuh kalau buat buku gak pernah keberatan. Makanya sekolah yang pintar…”

Alhamdulillah, Oh Mum, you’re the greatest mother, benar-benar mengerti anaknya yang emang doyan buku… kalo dipikir-pikir, anggaran buku per bulanku memang jauh lebih besar dari uang sakuku selama 3 bulan. Pokoknya, education is number one, itu prinsip yang keluargaku pegang. Jadi buku ga pernah jadi masalah…

Nah, sekalian aja ya aku referensiin buku-buku untuk TI tingkat 3 semester ini :

          Analisis Biaya

Belajar akuntansi tapi lebih ke cara membaca laporan keuangan dan neraca plus analisisnya. Menganalisis mana yang biaya, mana yang benefit, dsb. Termasuk mata kuliah yang bisa diambil dari jurusan luar dan bisa dipastikan ini sangat berguna di manapun kamu berada karena ini hitungan tentang uang.

Referensi : semua buku Akuntansi Biaya. Tapi yang jadi main text book di sini itu Cost Accounting : A Managerial Emphasis oleh T. Horngren.

Edisi ke 12nya bisa didapatkan di Elvira (Rp. 217.000). Atau fotokopi dari perpus TI, edisi terakhir yang ada di perpus TI tuh edisi V dengan tebal 2,5x buku yang tadi aku beli. Ga tau deh kenapa…

 

          Perancangan Pengendalian Produksi

Berapa yang harus kita produksi supaya safe di bulan depan? Kalau kebanyakan, ada biaya inventorynya loh. Kalo kurang, ntar dimarahin sama orang marketing… Nah lo, makanya belajar ini.

Referensi : semua buku manajemen produksi dan inventori. Atau Production and Operations Analysis (Nahmias), Production Planning, Control, and Integrations (Sipper), atau Production and Inventory Management (Fogarthy). Tiap dosen kayaknya memiliki referensi utama yang berbeda. Tapi dosenku (Pak Koyo dan Bu Dida) menekankan bahwa main textbooknya itu Nahmias, sementara angkatan 2005 banyak yang memakai Sipper atau Fogarthy. Katanya sih, punya semuanya juga gapapa…

Buku Nahmias bisa dipesan di Elvira, harga belum tahu, dan katanya masih nunggu sebulan lagi untuk dapat bukunya. Fogarthy tadi ada di Elvira juga, tapi ga ngeliat berapa harganya. Kalau Sipper, fotokopi sajalah. Di Dunia Baru banyak. Hehehe…

Di perpustakaan TI, buku-bukunya ada sih. Tapi secara fisik ga tau kemana karena Nahmias lagi dipinjem sama dosen sejak bulan Januari dan yang lainnya entah kemana…

 

          Pemodelan Sistem

Melatih alur berpikir dan langkah-lagkah untunk memodelkan suatu masalah.

Referensi : Systems and Decision Making (Daellenbach), ada yang pake Murray (atau Murphy?) juga…

Daellenbach tuh kemaren aku beli di fotokopian anak 2005 seharga 52 ribu hard cover. Nampaknya di Dunia Baru banyak (termasuk buku yang satunya). Jangan coba-coba cari di perpustakaan TI, nihil! Ada di katalog tapi seperti biasa, entah kemana..

 

          Ekonomi Teknik

Nilai uang itu terus menyusut sebanding denga waktu loh… makanya di Ekonomi Teknik alias Ektek ini belajar tentang present value, rate of return, payback period, break even point, dan tools-tools lainnya untuk mengetahui apakah proyek yang ada menguntungkan atau layak diinvestasikan. Termasuk kuliah yang bisa diambil sama jurusan lain di segala semester.

Referensi : Engineering Economic Analysis (Newnan) atau ada satu lagi tapi judul dan pengarangnya lupa. Newnan bisa diperoleh di Palasari (English edition only) dengan harga 70 ribu sementara yang satu lagi ada edisi bahasa indonesianya di Palasari dan Englishnya di Elvira. Edisi bahasa indonesianya lebih tipis dan kelemahannya adalah buku ini tidak dilengkapi dengan tabel perkalian bunga. Jadi sangat direkomendasikan untuk menggunakan Newnan.

 

          Pengantar Ekonomika

Mikro ekonomi dan makro ekonomi dirangkum dalam 2 SKS di satu semester. Jadi jangan berharap dapat banyak di kuliah ini selain pengetahuan ekonomi kayak di SMA dengan analisis yang yaaah… sedikit lebih dalam deh. Termasuk kuliah wajib minor TI (diambil dari luar juga boleh).

Referensi : Ekonominya Sadono Sukirno (pengarang lokal), biarpun lokal tapi isinya lumayan – contoh kasusnya lebih Indonesia, ini mah di toko buku mana aja ada, Cuma kepisah jadi dua buku mikro dan makro. Atau Economicsnya Samuelson-Nordaus. Edisi bahasa inggrisnya Cuma terdiri dari satu jilid tapi yaaah agak susah menemukannya bahkan di Elvira sekalipun. Aku dapatnya di Pameran Gramedia (Sabuga tahun lalu) dengan harga lebih dari 300 ribu padahal itu last stock. Atau ada juga kok edisi bahasa indonesianya, di mana-mana ada tapi yaa itu terpisah jadi makro dan mikro… jadi mesti punya 2 jilid.

 

          Riset Operasi II

Ini dia ilmunya TI. Berbicara tentang optimasi. Untuk OR II lagi bicara tentang program non linear. Jadi ada tentang optimasi jaringan, game theory, queueing theory, dan lain-lain.

Referensi :  bukunya Hamdy A. Taha atau Lieberman. Kata dosenku sih kalau kamu senang yang berbau matematika, ambil Lieberman. Tebelnya naujubileee… Taha lebih praktis, simpel, dan bahasanya juga easy to understand. Di Elvira ada edisi paling barunya, kalo Lieberman rasa-rasanya belum menemukan yang asli, adanya fotokopian. Hehe.. tapi kalo Taha itu termasuk buku OR yang legendaris, jadi coba aja ubek-ubek Palasari siapa tau ketemu second hand booknya. Ada juga terjemahan bahasa Indonesianya yang lagi-lagi dipisah jadi 2 jilid.

4 thoughts on “Buku-Buku (dan ref untuk semester ini :P)

  1. Dipta says:

    Hoho… first😀
    mampir nih.. maen k webku juga ya..😀
    tpi gw setuju ama nyokapmu.. nyokap gw juga gitu.. kalo beli buku jangan sayang2..
    pokoknya prioritas tuh 1. Elvira, 2.Gramedia Matraman, the last: baru Dunia Baru..😀

    Denger2 ada toko buku bagus juga di atas sukajadi, PVJ ke ataaasss terus, cuma belum pernah ksana..

  2. meongijo says:

    Dunia baru : baru denger awal semester ini. haha…
    ooh, alebene bukan?

  3. printiasti says:

    ras, akuntansi biaya (cost accounting ed indo) nya si hongren 170rebu 2 jilid di palasari.. harusnya gw dibayar nih promosiin palasari gni.. hehe.

  4. meongijo says:

    Jangan pake horgren deh. Mending pake yang Matz- Ursy – Hammer. lebih sepadan sama slide-slidenya. cuma sampai sekarang aku belum tau dapetnya dimana, aku taunya dari buku turunan papa… edisi taun 90, indonesia, haha..

    Agak nyesel juga sih beli tuh buku horgren — mahal-mahal tapi ga terlalu kepake..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: