Oleh-oleh dari Megatron

Dari bulan Juli kemarin, aku dan 2 orang anak Elektro 2006, sebut saja namanya Giri dan Rama, mengikuti Megatron Competition. Apa itu Megatron dan kepanjangannya, kayaknya Nauth lebih tau (ketuanya). Pokoknya mah aku cuma tau tu lomba isinya bikin business plan berbasis elektro.

Jadi ya, readers should have known apa job desc ku. Yap, membuat business plan. Tapi Allah menganugerahiku satu kelompok yang ga cuma ngasih “Noh, ini alatnya lu kerjain BPnya,”, alhamdulillah banget mereka ga begitu. Sama-sama bantu bikin BP🙂

Awalnya aku sempet ragu dan pesimis banget BP kami bisa masuk final. Tapi di suatu hari bulan Agustus awal, Giri ngesms kalo tim kami – Espresso – masuk final.

Ya aku kagak percaya lah. Pasti dia boong. Tapi ternyata gak. Kami emang lolos, mereka bahagia dan aku bingung kok bisa-bisanya ya? Padahal waktu aku bikin forecast balance sheet 1 tahun, balance sheetnya ga balance… Maklum lah belum belajar, itu aku belajarnya dalam waktu semalam saja. Sementara di TI kuliahnya itu ada di ANABI yang baru aku ambil semester ini, 3 SKS.

Kemarin kami presentasi setelah malam sebelumnya berjibaku di rumahku sampai jam 11 malam. Lalu dilanjutkan masing-masing sampai jam 3. Untungnya presentasinya agak di awal jadi kami masih segar, audiens masih segar, dan semuanya alhamdulillah berjalan lancar. Sempet agak bingung juga pas ditanya sama juri, aku ga ngerti arah pertanyaannya dia kemana… Dan aku ngejawabnya nampak agak meracau, tiba-tiba aku keluarin istilah make to order yang baru aku denger seminggu sebelumnya dari kuliah PPP. Jelas gak direncanakan sewaktu bikin BPnya. haha… But he changed the topic himself anyway…

Gara-gara aku harus survey buat tugas, aku cuma sempet ngeliat presentasi kelompok pesaing terberat kami yang isinya 2 orang cewek dari FT sama 3 presentasi terakhir di kategori yang berbeda. Ternyata di saat aku ga ngeliat presentasi, ada satu kelompok yang isinya kombinasi mematikan antara orang Elektro, Informatika, dan SBM yang wow luar biasa dan dapat dipastikan merekalah juara umumnya. huhu, sayang ga ngeliat..

Aku ga begitu tertarik mendengarkan semua presentasinya berhubung aku adalah orang yang easily asleep begitu denger orang ngomong lewat dari 5 menit terus menerus, hehe. Tapi aku bisa menangkap satu hal yang dosen-dosen di TI selalu wanti-wanti. Itu tentang kelemahan engineer. Kebanyakan engineer merancang desain yang hebat, yang canggih, yang uwaaaaalaah luar biasa. Tapi begitu ditinjau dari prospek bisnis, produk tersebut tidak memiliki masa depan, misal gara-gara terbentur masalah culture, atau masalah ergonomi dari produknya. And it really happens in Megatron… 2 dari 3 presentasi yang aku bener-bener dengerin tidak mempunyai prospek bisnis.

Jadi anda para insinyur harus peka sama lingkungan produk anda. Boleh-boleh saja kamu bikin produk yang canggih luar biasa, tapi toh buat apa kalau ga bisa dikomersialisikan? Buat apa kalau ga bisa dipake dan mendatangkan manfaat buat orang banyak?

Balik lagi ke Megatron, sebelum pengumuman pemenang, ada seminar dulu di hari yang berbeda yaitu hari ini. Aku agak telat datang, hehe. Tapi masih bisa mendapatkan 80% sisa seminarnya. Salah satu pembicaranya adalah Pak BUdi Raharjo yang aku kenal lewat tulisan di blog seorang teman dari Elektro juga. Dari tulisannya sih nampaknya orangnya begitu hebat tapi aku ga tau hebatnya di mana. Aku juga sempet buka blognya Pak Budi tapi masih ga tau, orang ini competitive advantage nya di mana sih? Sampai akhirnya tadi pas seminar… uwaaaah, luar biasa! Ini orang emang ga ada habisnya! Kalau aku ceritain di sini, kayaknya bisa lasts for days. Mending liat langsung orangnya atau start reading his blog… silahkan googling, hehe

Dari seminar tadi aku kembali diisi dengan semangat entrepreneurship. Hmm.. jadi pengen ngembangin bisnis juga, hehe. Intinya, kata Pak BUdi dan Kak Rendy dari qwords.com, ga usah takut untuk memulai mumpung masih mahasiswa…

Hmmm… tapi tetep, kalo mainannya udah masalah finansial mah, takuuut.. hihi

Setelah seminar, dengdereng.. pengumuman pemenang! Alhamdulillah masih menang juara harapan yang dicreate dadakan entah kenapa, tapi yang jelas tim kami cuma beda 0,6 poin sama juara kategori yang aku sebut-sebut di atas, 2 orang cewek anak FT dengan nama tim twowatts. HIx hix.. tapi alhamdulillah masih dapat voucher makan dan kesempatan ke apaaa gitu, sebagai langkah awal untuk merealisasikan BP kami (yang menjadi pertanyaan besar karena tak satupun dari kami yang ingin ngerun BP tersebut, hehe).

Yah, aku senang. Dapat pengalaman. Dapat teman. Dapat ilmu (untuk ngerjain BP itu aku harus belajar banyak dan ternyata memang berguna, hihi). Ga sia-sia, liburanku agak tersita sama ngerjain BP dan waktu tidurku kurang gara-gara nyiapin presentasi (lebih dari seminggu tidur di atas jam 1 pagi, bangun setengah 4 buat sahur). Yah, alhamdulillah lah pokoknya🙂

Leave a Reply

