My Blogistory

Aku gatal ingin menulis. Tapi apa daya, ide tak kunjung muncul juga. Sebenarnya ada sih, tapi itu bukan konsumsi publik, hehe. Jadi, cerita apa yaaa… cerita tentang blog aja ah… kebetulan tadi aku chat dengan pemilik blog bernama Bintang. Anak Elektro ITB 2006, link blognya sudah tersedia di blogroll di samping kanan layar anda. Loh kenapa aku jadi ngomongin dia ya? *Bayar Tang, ini publikasi tidak gratis. Hehehe…

Yah, kami ngobrol tentang blog. Aku rasa, ni orang sedang serius menggarap blognya. Statusnya di ym selalu menampilkan link ke blognya. Buatku, hal itu agak tabu. Kenapa ya??? Terus baca untuk cari tau jawabannya J

Lalu Bintang cerita, ada yang nanya ke dia apa tujuannya bikin blog. Dia jawab biar bisa diliat sama orang dan dapat feedback. Buatnya itu mungkin kepuasan tersendiri ya… terus dia nanya sama aku, tujuanku bikin blog?

Nah ini dia ceritaku (yang sebenarnya, hehe)…

FYI, aku pernah bikin blog di boleh, di multiply, di friendster, di blogger, sampai akhirnya aku nyasar di wordpress.

Pertama kali bikin domainnya di blog.boleh.com. Alasannya gara-gara waktu itu aku sering berantem dengan si mantan, dan curhat sama diary rasa-rasanya belum cukup. Karena waktu itu mikirnya kalau di blogspot kudu pake bahasa inggris, akhirnya aku pake domain lokal yaitu Boleh. Nah di situlah aku menuangkan segalanya dan pelan-pelan bukan hanya cerita “cinta” saja yan kutulis, tapi beberapa bagian dari pengalaman hidupku dan pendapatku tentang berbagai hal. Lucunya, yang sering dikomentari adalah pendapatku tentang berbagai macam hal, sementara kisah cinta yang tadinya jadi main reason why I write a blog jarang sekali ditanggapi – kalaupun ditanggapi, kebanyakan blogger di situ malah melucu. Khas blogger boleh… haha..

Kapok? Gak… tapi aku justru menemukan sesuatu yang lebih menarik daripada menulis kisah cinta basi. Yaitu berpendapat.

Tapi seiring dengan mendekatnya USM dan SPMB, aktivitasku di blog boleh menurun. Waktu tak ada dan ide pun tak kunjung datang karena pikiran lebih tersita untuk belajar. Blog bolehku vakum.

Btw, dari blog boleh aku tau seseorang bernama Arham Kendari. Postingannya lucu abis… dan tahun ini dia meluncurkan bukunya yang berjudul Jakarta Underkompor (adapted from his blog). Baca deh, pasti ngakak😛

Lalu muncullah accountku di multiply, yang awalnya kubuat untuk download berbagai macam lagu sebelu akhirnya multiply menghapus fasilitas ini (hix!). di sini, aku juga  sebenarnya tertarik untuk membuat blog di situ karena membaca blog seorang alumni SMA 3 yang juga berdomisili di Bandung. Tulisan-tulisannya menarik. Tapi tidak cukup menarik untuk membuatku benar-benar menulis di multiply karena multiply rada-rada lambretta. Tidak nyaman lah…

Tidak lama kemudian, aku membuat account friendster. *Hari gitu baru bikin FS??? Eits, ada alasannya. Baca postinganku yang ini

Lagi-lagi, aku mengalami masalah dengan si mantan. Kegatalanku untuk berbagi cerita kembali menyeruak. Sebenarnya hal bodoh sih, ngapain juga hal begituan diceritain dan bisa dibaca banyak orang. Jawabannya adalah, aku pengen orang-orang terdekatku tau betapa menderitanya diriku. Hahaha… konyol, bodoh, tapi toh kulakukan juga. Blogging di friendster menjadi lebih menarik karena aku bisa mengirimkan notifikasi kalau ada postingan baru ke semua temanku secara automatis – berbeda dengan blog di domain lain yang sampai sekarang aku ga tau gimana caranya biar bisa dikunjungin.

Lama-lama, aku mengalami kesulitan dalam memanage blog friendsterku yang jumlah postnya sudah menembus angka 70 – kebanyakan curhat. No tags, no categories, not even a calendar with marks! Jadi saat itulah aku tertarik untuk mencoba domain blog yang lebih profesional, seperti blogger dan wordpress.

Accountku di blogger sudah ada jauh sebelum wordpress dan blog fsku karena tuntutan dosen Academic Writing Lecture waktu semester 2. Dosen yang penampilannya ga pernah absen dari kemeja yang 3 kancing atasnya dibuka ini memang harus diacungi jempol karena beliau begitu mensupport kami untuk menulis agar bisa dibaca orang lain – bukan dipendam sendiri. Penganut citizen journalism, hehe. Jadi dia meminta semua mahasiswa di kelasnya untuk membuat tugas-tugasnya dalam bentuk postingan di blogger.

Begitulah, dan satu kejadian luar biasa dari blogku di blogger yang isinya tugas kuliah. Somebody from England leave a comment abour my writing about Bandung – he said my writing was really good and he wished to hear any updates of Bandung from me. Wow… Tapi aku ga pernah ngerespon karena itu sebenarnya tugas, ide tulisannya yaitu tentang Bandung datang dari dosen dan aku Cuma mengembangkannya saja. Hehe, maaf…

Karena alasan blog itu dibuat untuk keperluan tugaslah aku ga mau ngembangin blog di blogger. Akhirnya aku beralih pada wordpress sampai sekarang. Awalnya aku ingin menulis yang yah agak-agak scientific dan bisa dibaca sama semua orang dair seluruh dunia. Makanya jangan heran di postingan pertamaku isinya aku pengen nulis dalam bahasa Inggris – sekalian practicing. Sayangnya gak kesampean gara-gara akhirnya tulisanku di sini lebih banyak ke curhat lagi daripada scientificnya. Hahaha….

Jadi ya, gara-gara kebanyakan curhat di blog itu, aku menganggap menulis link ke blogku di berbagai sudut internet agak-agak tabu. Di satu sisi aku merasa curhatanku ga penting dibaca dan di sisi lain justru aku ingin orang-orang tahu kisahku. Tapi pelan-pelan, ketabuan itu mulai terkikis karena aku sudah tertular Publicity Virus. Rasanya menyenangkan sekali ketika kamu membuka dashboard dan melihat grafik pengunjung blogmu semakin meningkat. Sekarang aku udah mulai berani pasang link di fs, fb, sampai yah ym juga boleh deh… Itung-itung Personal Branding yang belum jelas Brandingnya kemana, hehehe…

 

DON’T YOU KNOW?

          Blog itu sebenarnya dibuat sebagai log dari website yang udah dikunjungin. Makanya namanya b-Log. Kalau mau cerita-cerita kayak begini nih, pakailah Journal. Tapi sekarang journal kalah pamor dibanding blog… but who cares? Ini nih yang namanya market driven technology, hehe…

          Tips yang dibagi dari Bintang supaya blogmu ramai dikunjungin orang dan moga-moga dapat feedback:

o   Sering-seringlah menulis dan mengupdate blogmu

o   Banyak-banyak blog walking

o   Dan jangan lupa leave comment

Happy blogging J

2 thoughts on “My Blogistory

  1. bintang says:

    kapan2 mau ngga gini : kamu masang link blog saya di status ym kamu, saya masang yg kamu di status ym saya?
    X9

    tips tambahan : spam di ym (tp g terlalu reccomended x_x), blogroll,,

    mmm ntar deh mungkin sy bikin posting reply😀

    oya satu yang belum saya bilang : tentunya seneng dong kl karya kamu diapresiasi orang =)

  2. meongijo says:

    yuk, hahhahaa.. tapi rugi ntar kamu tang, aku lebih tidak sering online daripada kau… keke

Leave a Reply

