NetBook vs BlackBerry Handheld

huayoo, apaan tu  netbook. Apaan tu BlackBerry?

Kalau notebook dah pada tau kan… Netbook itu versi hi-mobility nya, alias buat dibawa-bawa. Netbook didesain kecil, ringan, yang penting dukung wifi buat akses internet karena itulah alasan utama kenapa netbook di desain. Target pasarnya ya orang-orang yang mobilitasnya tinggi, butuh notebook tapi bukan untuk kerjaan berat — yah sebangsanya office, email, dan browsing masih bisa. Makanya, jeroan yang ditaruh dalam netbook ga akan sesakti PC di rumahmu atau bahkan notebook biasa. Perbandingannya nih, kalau notebook yang lagi ramai dipasaran udah make intel core2duo technology yang kecepatannya udah tembus 2 GHz, prosesor netbook palingan juga dikasih intel Atom 1.6 GHz.

Itu prosesor, memori biasanya standar 512 MB dan pastinya ga ada graphic card. Hard disk yang dikasih tergantung vendor, tapi rata-rata ngasih 160 GB — kapasitas HDD standar jaman sekarang (notebookku masih 80, hix hix). Nah baterainya daya tahannya bisa ampe 6 jam katanya (realnya aku liat yang temenku sih 5 jam pas masih baru banget — Acer AspireOne), ya wajar karena daya yang digunakan lebih dikit, soalnya layarnya rata-rata di kisaran 7-8 inch.

Kalo blackberry atawa BB, itu teknologi dari Research in Motion (RIM) yang memungkinkan kita untuk menerima email setiap saat layaknya menerima telepon/sms saat itu juga di handheldmu. Jadi ga perlu buka browser internet /  outlook dulu kalau mau buka email. Ga ada lagi tuh namanya “cek email”, yang ada emailnya datang langsung ke handheldmu (push email).

Yang namanya BB handheld itu alat untuk mendukung koneksi BB itu, nama pasaran yang beredar itu macam blackberry bold, blackberry pearl, curve, etc. BB handheld itu dikeluarin langsung sama RIM, jadi teknologi koneksi ala BB udah kamu bisa nikmatin di situ. Push email, browsing, chatting, all free bow! Emmm… ga deng. Tetep harus bayar sama providermu buat langganan akses BB. Tapi kalau mau coba teknologi BB tanpa BB Handheld (berhubung BB Handheld tuh rada mahal), smartphone mu yang kompatibel bisa dipake kok. Contohnya kayak Nokia E-series, Sony Ericcson G sekian, cek kompatibilitasnya aja. Install BB Connect, jangan lupa langganan ke operator jaringanmu, dan voila!!! Push email gratis! Tapi kalau buat browsing, kena tarif tambahan di luar push email karena dia tetep pake koneksi data operatormu (GPRS/HSDPA).

Terus kenapa post ini mengangkat netbook sama BB handheld?

Satu, target pasarnya rada mirip. Orang-orang yang butuh koneksi ke dunia maya setiap saat dengan mobilitas tinggi.

Dua, harganya juga mirip. Harga netbook rata-rata 4-6 juta, BB Handheld 3,5 – 6 juta.

Tiga, fungsionalitas BB handheld dan netbook juga ga jauh beda (selain push emailnya ya). Dua-duanya dukung wifi. Aplikasi standar yang biasanya orang gunakan juga sama (apa sih, palingan office, pdf viewer, browser, IM, media player). Dua-duanya (apalagi netbook) pake keyboard qwerty, bukan numerik lagi.

Bedanya? cuma di ukuran, daya tahan baterai, bisa nelepon/sms, teknologi push email, dan operational costnya.

Kalau ditilik-tilik, punya BB Handheld nampaknya jauh lebih menguntungkan. Lebih kecil, bisa nelepon/sms kaya hp biasa, baterai jauh lebih tahan lama, push email gratis, yah browsing-browsing pun kalo dikasih yang unlimited sama operatornya juga woke banget! Sedangkan netbook, besar, lebih cepat habis baterai… kelebihan netbook dibanding BB Handheld palingan di ukuran yang masih user friendly buat kenyamanan browsing dan operational costnya — kalo netbook bisa pakai wifi gratisan, kalo BB mesti bayar berlangganan yang besarnya masih beda banget antar operator (ex : Telkomsel, prepaid blackberry 180.000 per bulan). Tapi masa sih sanggup beli BB handheld tapi ga sanggup bayar langganannya?

Jadi, antara netbook dan BB handheld, posisinya saling mengancam atau lebih tepatnya BB handheld mengancam keberadaan netbook yang lagi marak beberapa bulan terakhir ini. dua-duanya diklaim sedang mengalami pertumbuhan penjualan yang pesat, bahkan di atas 100% seingatku (dilansir sebuah koran nasional).

Itu sih pandanganku sebagai orang awam yang belajar marketing ya… targetnya mirip-mirip, produknya mirip-mirip… Atau mungkin, BB handheld dan netbook punya segmen pasar yang berbeda?

Nah, untungnya orang Indonesia adalah gadget mania. Belum puas rasanya kalau belum punya laptop dan BB Handheld keduanya. Pokoknya semuanya ada! Masalah akan terjadi ketika masyarakat tidak teredukasi dengan baik mengenai perbedaan notebook dan netbook. Orang yang cenderung ingin gaya, mereka bisa melakukan kesalahan dengan membeli net book dan BB handheld padahal fungsi mereka sama, dan tujuan dia untuk memiliki laptop tidak tercapai karena performa netbook yang memang bukan untuk kerjaan berat.

Di lain pihak, ketika seseorang membutuhkan solusi untuk internet dengan mobilitas tinggi, pilihan BB handheld tentunya lebih menarik. Selain mempunyai fitur hp biasa tambah push email, BB yang mendukung teknologi wifi pun bisa digunakan sama seperti kamu memakai laptop untuk hotspot gratis.

Menurut orang awam sepertiku sih, sebaiknya para produsen netbook melakukan repositioning produk mereka karena keberadaan mereka bisa terancam. Kenapa repositioning? Yah, namanya aja udah NETBOOK, buat ngenet lah ya bow! Coba kalau netbook itu memposisikan dirinya sebagai “Take it anywhere notebook” yang lebih menekankan fungsinya sebagai notebook, bukan sebagai gadget untuk internetan. dengan begitu, orang-orang akan merasa aman untuk memiliki keduanya, atau BUTUH keduanya karena masing-masing sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Anyway, itu semua cuma permainan pemasaran doang kok…

Cuma sekedar pemikiran…

7 thoughts on “NetBook vs BlackBerry Handheld

  1. ashr says:

    tapi ras, ada satu [eh, beberapa] kekurangan blackberry..

    ga bisa ngeRun MATLAB!!
    haha…

    netbook aja agak2 ngehang kalo dipake MatLab..
    anak EL emang lebih cocok make notebook..😛

  2. bintang says:

    kl kt sy, pasarnya beda,,dgn netbook, kita masih bisa ngerjain tugas/ngetik2 banyak kan,, kl BB rasanya buat yg singkat2 aja?

  3. meongijo says:

    ah kalo kubilang mirip tang, bisa saling mengancam.. hehehe, keukeuh…

    shr, ya masa ngerjain matlab di BB?

  4. hamka says:

    ada lho layanan push email gratisan ga usah langganan, aku pakenya emoze
    ah, pake laptop batere sekarat udah cukuplah..😀

  5. ashr says:

    ras, kamu saya tag..
    liat disini nih biar lebih jelas..

  6. oomwaway says:

    wah buat saya lebih berguna netbook. Suka buat kerja pake msoffice, ga cuma buat liat email. kerjaannya pake footnote pula..

    kekurangannya cuma batere yang cepet koit..
    hiks..

  7. armang says:

    Net book gue merk Axio type PICO LCD 10″ beli di JCC waktu pameran kemaren, baterenya cuman tahan 2 jam.. payah euy.. mana cukup internetan cuman 2 jam doank..ank..ank..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: