Slumdog Millionaire

Aku baru aja nonton film (biasa, donlotan dari Rileks… Emmm tapi aku dapetnya dari Hanief) judulnya Slumdog Millionaire. Pas ditunjukin filmnya, agak males juga sih karena itu film India. Tapi karena tiba-tiba scenenya berganti jadi acara “Who Wants to be Millionaire”, aku kira filmnya sejenis komedi. Jadi aku copy😛

Ternyata bukan cuma komedi, ceritanya tentang seorang Jamal Malik yang benar-benar dari zero to hero. Dia cuma pesuruh kantor dan tiba-tiba dia dapat kesempatan untuk ikut Who Wants to be Millionaire, dan secara mengejutkan dia berhasil menjawab hampir semua pertanyaannya. Menjelang pertanyaan terakhir, sesi acaranya keburu berakhir dan Jamal pun harus menunggu sampai besoknya untuk pertanyaan final. Gak disangka, ternyata dia malah ditangkap polisi untuk diinterogasi dengan tuduhan dia curang.

Filmnya menarik, dibuka dengan interogasi Jamal oleh polisi India. Polisi tersebut ingin mengetahui bagaimana Jamal bisa mengetahui jawaban pertanyaan di kuis WTBM, dan jawabannya di flash back ke masa lalu Jamal. Terus menerus seperti itu untuk hampir semua pertanyaan. Jadi agak membingungkan juga, sekaligus penasaran sebenarnya apa yang terjadi selanjutnya dengan hidup Jamal sebelum masuk WTBM, soalnya ternyata jawaban-jawaban pertanyaan WTBM justru Jamal peroleh karena jawabannya ada pada pengalaman hidupnya.

Filmnya berbahasa Inggris, dan yang aku suka adalah untuk menjelaskan kehidupan Jamal, Salim (kakak Jamal), dan Latika (Jamal’s first love), dipakai masing-masing 3 aktor untuk memerankan beberapa fase pertumbuhan si tokoh. Jadi ada Jamal kecil, Jamal menengah, dan Jamal dewasa (hehe). Selain itu, filmnya juga mengangkat kehidupan kelas bawah di Mumbai. Setting awalnya sendiri berkutat di daerah kumuh Mumbai, yang gak jauh beda sama Jakarta.
Juga diangkat isu-isu agama di India, seperti penyerbuan ke kampung Jamal yang mayoritas muslim oleh orang Hindu (Jamalnya sendiri seharusnya muslim — tidak diceritakan eksplisit di filmnya). Gara-gara penyerbuan itu, Ibu Jamal meninggal dan Jamal harus berjuang hidup dengan Salim. Hidup mereka selanjutnya benar-benar kelam. Wah pokoknya, bagian latar belakang Jamal ini yang benar-benar bikin aku bertahan nonton 2 jam walaupun sebenarnya agak membosankan karena alur ceritanya agak lambat.
Ternyata film ini diadaptasi dari sebuah Novel. Aku coba browsing-browsing tentang film ini dan wow, ternyata film ini menang banyak penghargaan. “Slumdog Millionaire won five of the six awards it was nominated for at the Critics Choice Awards and all four of the awards it was nominated for at the Golden Globes.” [Wikipedia]

Coba tonton deh🙂 gak rugi kalo kubilang.

Tagged ,

One thought on “Slumdog Millionaire

  1. bintang says:

    wiss dah nonton juga toh😀

    rame kan rame kaannn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: