Laptopnya hengky tornado, lalala

Akhir-akhir ini aku sibuk mondar-mandir di kampus. Terutama minggu kemarin, beeuh… deadline Loreal dan submit aplikasi buat ke Jepang berkumpul di hari yang sama, plus praktikum. Untung lagi ga ada kuliah, jadi bisa leha-leha.

Tau-taunya, tengah hari aku baru inget kemarin ngejanjiin dosen buat nginstallin beberapa security software. Kenapa ke aku? Seperti yang telah aku jelaskan pada semua orang adalah karena ketika beliau butuh bantuan menghadapi keanehan pada laptopnya sebulan yang lalu pada asisten LSIK, ga ada yang punya waktu dan ga ada yang bisa. Akhirnya akulah yang menjemput laptopnya ke rumahnya, ngecek sana sini semaleman ampe ga tidur padahal lagi banyak tugas, huhu… dan untungnya besoknya udah sembuh lagi. Dan seperti biasa kalau aku ditanya masalahnya kenapa sih, gara-gara viruskah, trojankah, spywarekah, apalah… aku ga pernah tau. Yang penting udah normal.

Jadi ya aku sms beliau, gimana mau diinstallin lagi ga? Tak dinyana, gayung bersambut lebih dahsyat. Pas banget laptopnya hengky tornado lagi alias ngehang. Walaupun sebenarnya aku agak capek dan lagi-lagi bakal kehilangan waktu tidur, aku jabanin lagi tuh rumahnya abis praktikum sore-sore, trus balik lagi ke kampus buat rapat Kenmi.

Mungkin hdd nya ada bad sectornya kata beliau. Tapi dia pengen aku analisis dulu apa mungkin gara-gara kena virus juga, sebelum ngejudge kalau hddnya udah rusak. Sambil rapat Kenmi kuutak-atik dikit, salah satu orang logistik (aku juga logistik) terus nawarin untuk melihat-lihat. Oh ya, namanya Nanda. Dia run scan virus, run defragmentation, run disk checking, semuanya ga ada yang komplit karena dia cancel dan pas terakhir disk checking… emmm tiba-tiba muncul blue screen saat sedang di tanganku.

Direstart, OS ga kedetect.
Masukin CD buat install ulang, hdd ga ke detect.

Oalaaaaa, jangan sampai crash!!! Datanya belum ada yang kubackup. Tapi kejadian juga, hopeless dah. Aku smsin Nanda lagi tentang hal itu dan dia nyaranin untuk buka belakangnya, siapa tau konektor hddnya ga beres.

Aku baru 5x ngebuka PC, dan ga pernah ngebuka laptop. Pas disodorin dalamnya laptop, aku ga ngerti apa-apa. Satu-satunya yang aku bisa notice adalah kipasnya ga jalan.

Krik krik…

Aku ga tau apa kipasnya adalah sumber masalah utama, tapi aku berhipotesis :
kipas mati. hdd panas. ngehang. lama-lama ga kuat lalu ngecrash. DAN SIALNYA CRASHNYA DI TANGANKU!!!!

Setelah minta maaf dan minta persetujuan dari dosen yang punya, akhirnya diputuskan untuk membawanya ke service center saja. Sejak 4 hari tugas tersebut didelegasikan, aku belum berhasil menemukan service center vaio di bandung. Katanya sih di Gatsu, tapi aku susurin gatsu dari ujung ke ujung tetep ga ketemu. Haduh! Ada yang tau?

Tagged , ,

Leave a Reply

