Berbuah juga…

Tekadku untuk ga tidur lagi di kelas membuahkan hasil.

Udah dua minggu ini aku berusaha untuk ga tidur dan ga bolos kuliah. Kenapa?

1. Aku buang-buang waktu dengan datang ke kelas hanya untuk tidur. Padahal kalau waktu di kelas itu bisa aku manfaatin untuk dengerin dosen, berarti aku ga perlu lebih banyak waktu untuk belajar di luar waktu kuliah.

2. Berangkat dari alasan pertama, waktu yang aku save dari mengurangi waktu belajar di luar kuliah aku pake buat mengemban amanah-amanah yang ada.

3. Sebenarnya agak ridiculous sih… Kalo beneran keterima ke Jepang, masa to ya aku tidur melulu di kelas. Malu-maluin Indonesia! Haha…


Dan hasilnya saudara-saudara, aku mulai merasakan peningkatan kepintaran. Haha… Kalau dulu kan sulit banget tuh belajar buat ujian, soalnya dilakuin paling bagus H-3 terus benar-benar dari awal, from zero lah. Nah kalo sekarang karena udah ada tabungan dari dengerin dosen pas kuliah, belajar jadi ga terlalu sulit. Plus pas ujian, aku merasa diuntungkan sekali. Contohnya pas kemaren ujian Pengendalian Kualitas:

Ujiannya teori. Open book and slides. Aku ga put too much effort di situ, yang penting mah tau lah alur berpikirnya gimana. Nah sayang banget aku baru ngikutin kuliahnya secara serius cuma 2 kuliah terakhir.

Tak dinyana, ada satu soal menanyakan tentang Loss to society.Aku ga pernah dengar kata-kata itu dari dosen, aku ga pernah baca itu di slide atau di buku, dan ga ada teman-temanku yang nyebut itu pas belajar bareng. Akhirnya aku pasrah ngarang-ngarang sampai bawa-bawa contoh majalah Playboy, ga tau deh itu dapat inspirasi dari mana – itu berkualitas tapi karena ga sesuai sama kultur Indonesia jadinya dia hengkang, itulah loss to society.

Selesai ujian, bahas bareng Ivan.

“Eh loss of society apaan sih? Ga ada di buku kan ya? Si bapak ngejelasin ga?”

Ivan jawab, “Ga deh kayaknya. Ga tau deh lupa juga. Bla bla bla – ” Intinya aku ama dia menjawab konsep loss to society hampir sama.

“Terus aku tambahin deh tu contohnya Playboy.”

“Hah? Palyboy?” Ivan mikir sejenak, “Oh iya… waktu itu kan si Bapak pernah nyebut-nyebut majalah Playboy di kelas. Iya iya baru inget itu loss to society…”

*Yeah!!!!

Saudara-saudaraaaaa, sambutlah juaranya, Laraaaaaaas!!!

Setelah selalu bolos karena kuliahnya jam setengah 8 pagi hari senin dan baru bener-bener dengerin dosen di 2 kuliah terakhir — itupun masih pake sedikit ketiduran — setidaknya di bawah sadarku aku menangkap beberapa penjelasan dosen dan ternyata itu jawaban ujian!!! Padahal waktu aku ngejawab itu, aku benar-benar ngasal dan bener-bener ga tau dapat inspirasi itu darimana. Oh ternyata dari indra bawah sadarku, hehe…


Yah begitulah. Senang banget deh ketika usaha kita membuahkan hasil. Kamu gimana?


2 thoughts on “Berbuah juga…

  1. ladysherry says:

    heh? yang dengerin d alam bawah sadar apa ras? penjelasan kuliah yang cuma dateng 2 kali? atau kuliah yang selalu d tidurin?
    hoho
    gila yaa ras…kelakuannya begitu tapi ip nya plus plus.. mau dongg
    HEHE

    *bukannya kamu udah keterima ras? aku melihat nama mu dan galuh tuh

  2. meongijo says:

    yah pokoknya aku menangkap dan mengeluarkannya secara tidak sadar bahwa aku pernah dengerin kali ya? hehe…

    alhamdulillah. itu hoki juga kali nad. mari kita sama2 berusaha… :p

    *itu baru lulus dari ITB doang nad *siiingg* aku juga salah menyangka, dikia udah keterima. heuehehe

Leave a Reply

