Kerja Praktek Ooooi

Aku KP di Indosat Jakarta mulai tanggal 2 Juni 2009, seharusnya. Lantaran ujian RL freak *dimana di saat terakhir Dosennya yang tertawa puas karena berhasil mengalahkan kepicikan kami – he’s slicker than us anyway…* akhirnya aku baru mulai KP tanggal 4 Juni alias Kamis kemarin.

Ternyata salah satu syarat KP di Indosat adalah pengguna nomor Indosat. Masalahnya aku adalah pengguna setia Telkomsel *walaupun doyan banget komplain*. Jadi aku baru beli nomor indosat di saat-saat sebelum briefing tanggal 2 Juni dimulai. Pagi-pagi aku udah datang ke Galeri KPPTI (kntor pusat PT Indosat) buat beli nomor StarOne. Ya, CDMA. Supaya GSM Telkomselku ga terganggu.

1 jam kemudian, hp CDMA ku tewas kehabisan energi padahal nomor StarOnenya belum berhasil diaktifkan. Sementara itu aku harus langsung balik ke Bandung setelah seminar tanggal 2 itu untuk “belajar” RL. Yah, akhirnya dengan terpaksa aku meninggalkan KPPTI tanpa nota dinas. Tanpa nota dinas itu, aku belum boleh KP.

Aku ditaruh di bagian IT CRM yang tempatnya di Daan Mogot. Jadi pas tanggal 4 balik lagi ke Jakarta, aku harus ke KPPTI dulu ngambil Nota Dinas beserta bukti kalau aku udah pake nomor Indosat sebelum datang ke kantor Daan Mogot.

Aku pake travel jam 7 malam tanggal 3 ke Jakarta. Yozzi udah ngewanti-wanti pokoknya 6.15 udah harus berangkat. Nyatanya, berangkat dari rumah 6.17. “Ada yang ketinggalan ga?” kata Yozzi pas mau berangkat. “Ga, Insya Allah.”

Baru 100 meter jalan, “Yoz, tugas APSI yang mesti dinilai ketinggalan…”

Balik lagi ke rumah… saking buru-burunya ampe lupa ngambilin makanan buat pandaku itu, kasian kelaparan…

Sampai di persimpangan jalan Jakarta, 6.34, aku ngaduk-ngaduk tas. Lemaslah aku, “HP CDMA nya ketinggalan yoz…”. Artinya, aku harus ganti GSM ku dengan Indosat. Mau balik takut travelnya telat. Ga ada cara lain kecuali aku mau beli hp baru. Ya sudah, jalan terus. Nyampe pool Cihampelas jam 7 lewat 5 dan alhamdulillah masih belum berangkat.

Besoknya nih, tanggal 4 nya, jam 6.35 aku udah nyampe KPPTI padahal jam kantor tuh jam 7. Kurang rajin apa coba ? ternyata galeri KPPTI baru buka setengah 8. Kutungguin dah tu sambil nonton Manohara. Pas setengah 8 ke galeri, “Maaf mbak, perdana maupun vouchernya baru datang jam 9.”

Maaak, mau ngantor jam berapa aku nanti di Daan Mogot. Dengan sedikit harapan aku naik ke lt. 17 nemuin mbak Rini yang megang nota dinasku, mohon pengertian. Awalnya sih ga dikasih, dia bilang “Ya udah saya tunggu sampai kamu bisa dihubungi pake nomor Indosat dulu.”

Kukeluarkan deh tuh kalimat sakit, “Tapi ntar ke Daan Mogotnya telat gapapa mbak?”

Langsung deh dikasih. Hehehe…

Aku langsung ngebut ke shelter busway, udah jam 8 lewat soalnya. Berdasarkan informasi, aku turun di Halte Indosiar. Tapi kok gedung indosatnya ga keliatan ya?

Bertanyalah aku pada seorang supir bajai. “Pak indosat di sebelah mana ya?”

“Ya deretan kanan sana lah, ga begitu jauh kok. Depan sana ka nada jembatan penyebrangan, nyebrang aja di situ.”

Oke, ada kali tu 250 m aku jalan ke jembatan penyebrangan. Trus nyebrang. Dan ga keliatan label indosat di mana-mana. Akhirnya aku nanya sama satpam Honda.

“Wah, itu sih di depan ABC. Naik kopaja aja, abis flyover ga terlalu jauh kok. ”

Tapi naik kopajanya di arah sebaliknya. Naik jembatan lagi deh…

Pas udah di kopaja, mana nih fly overnya kok ga turun-turun… ada kali sekiloan mah. Dari turun flyover juga ga keliatan-keliatan gedungnya. Untung aku duduk di belakang sopirnya jadi bisa minta diturunin di Indosat. *dan ternyata 100 m dari situ ada shelter busway Jembatang Gantung. Tau gitu aku turunnya di situ*Woala ternyata tempatnya nyempil di belakang Casa Gardin residence. Sudah ga kelihatan, masuk dari pintu Casa Gardinnya jauh pulaaa… ga Cuma itu, gedung INdosat Daan Mogot ini tipe horizontal, bukan gedung bertingkat. Tingkatnya maksimal 2. Bak resort hotel gitu lah. Dari pintu masuk aku tuker ID visitor sampai kantorku, itu masih jaaaauuuhhh. Kayak dari utara ke selatannya ITB. Heuhehuuu…

Anyway, hari pertama berlangsung dengan perkenalan sama Head Division IT CRM, bagian Operation & Maintenance, sama mentorku dari tim ILP (Indosat Loyalty Program). Aku dikasih cubicle di depan mentorku, namanya Pak Teddy, dengan computer. Asalnya aku bersyukur, yes ga perlu bawa laptop. Ternyata eh ternyata, itu computer server yang harus always on dan ga ada isinya. Bahkan office pun tak ada! Internetan bisa, tapi kena proxy melulu. Yang boleh dibuka Cuma provider mail, sama situs-situs yang ga ada streamingnya, blog pun ga ada satupun yang bisa dibuka.

Setelah dijelaskan tentang ruang lingkup kerjanya IT CRM, baru aku merasa menyesal. Aku sendiri yang minta di bagian CRM, dan udah dikasitau kalo bagian CRM yang bisa aku masukin itu bagian IT. Aku kira ya it’s ok, malah bagus karena minat aku kan di system informasi. Kebayangnya aku, aku bisa pake tools data mining, atau desain modul-modul CRM baru yang dibutuhkan… ternyata di bagian yang aku masukin itu full teknis abis. Kerjaannya SQL melulu, soalnya inti kerjaan divisi itu kayak backbonenya CSR. Kalo CSR ga berhasil mecahin masalah di aplikasinya, baru tim IT CRM turun tangan untuk ngerubah value supaya masalahnya solved. Tapi aku mana ngerti teknis???

Yah, semoga topiknya cepat ketemu…

6 thoughts on “Kerja Praktek Ooooi

  1. bintang says:

    halah pandakuuuuu :))

    yaud, belajar MYSQL sana..hehe

  2. lovely kimi says:

    wah, perjuangan berat bgt ya… ^_^

    aku mau tanya nih, dr kerja praktik di indosat itu, kamu dapet bayaran ga?

    • meongijo says:

      ga dibayar😦 cuma ada ganti uang makan siang, jaman aku sih 15 ribu per hari. Udah deh itu doang.. padahal ongkos aja udah berapa hahaha

  3. wahyu says:

    mbak..aku mw kp di Indosat tapi kalo mengirim via email ke HRDnya, mbak bisa kasih tau kirim ke email HRD siapa ?

    salam

  4. rzqhhuhu says:

    Boleh minta Contact personnya indosat ngak ??
    yg buat kp , saya mau kp disana cuma binggung mau ngehub kemana ??
    thx

  5. novita says:

    boleh minta cp indosat yg daan mogot ga? terus klo ditempat itu hanya kantor atau gmn? thanks

Leave a Reply

