Horizontalisasi Berita Gempa

Gempa. Haha… Kebetulan aku lagi di LSIK, gedung TI lantai 4 pas itu terjadi.

Buru-buru semua turun ke bawah ngumpul di sekitaran taman batu. Satu-satunya orang yang berhasil kutelepon adalah Yozzi karena setelahnya traffic operatorku loaded. Huhu maafkan aku Papa Ibuku… sampai 1 jam setelah gempa pun masih connection error.

Oh yang lucu adalah ketika aku buka kompas.com yang beritanya terus diupdate, sama sekali belum ada tentang gempa. Pas aku buka twitter, udah jadi trending topic di 3 keyword (Jakarta, Gempa, Earthquake) dan dari Twitter lah aku tahu kalau gempanya 7,3 SR berpusat di sekian kilo dari TAsikmalaya dan berpotensi menimbulkan tsunami.

Kalau minjem kata-katanya Hermawan Kartajaya, “Welcome to the new wave era”.

Ini membuktikan, sekali lagi, bahwa crowd memberikan informasi yang lebih akurat daripada single body. Tentunya crowd dan parameter keakuratan sistem yang dimaksud ada penjelasannya lagi, faktor-faktor apa sajakah yang berkontribusi terhadap kesuksesan pernyataan tersebut. Seingat saya hanya crowd-crowd yang memiliki parameter tertentu yang bisa menghasilkan informasi bernilai lebih.

Walaupun mungkin banyak yang mengumpat-umpat, “Ini bukannya introspeksi malah twitteran”, toh kita harus mengakui bahwa ada sisi positifnya mereka bertwitter ria saat gempa.

Gitu aja sih, intermezzo.. hehe… wish u health and safety, jangan lupa introspeksi diri mumpung lagi puasa.

Tagged , ,

2 thoughts on “Horizontalisasi Berita Gempa

  1. ladysherry says:

    dan alhamdulillah ga jadi tsunaminya🙂

  2. […] Berita dari stasiun TV bersifat satu arah, di mana penonton adalah receiver. Sedangkan Twitter, everyone could be a broadcaster, and every broadcaster could be receiver. Akhir-akhir ini Twitter malah bekerja lebih cepat dibandingkan berita dari stasiun TV (contohnya lihat artikel saya “Horizontalisasi Berita Gempa” di sini). […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: