Buntu Sudah Ubuntu >_<

Sumpaaaah aku ga tau apa-apa soal Ubuntu!

Berawal dari diserangnya network Tokodai oleh hacker (katanya….), Assoc. Prof lab ku yang jadi PJ network ketar-ketir sejak sebulan yang lalu. Milis lab ramai diisi oleh stage-stage langkah preventif dari downnya network Tokodai:

– Pertama, perintah untuk scan whole system, update antivirus dan Windows. Pas aku masuk lab, aku dikasih laptop baru, dynaBook Toshiba berlayar sangaaat besar (15″). Tapi speknya mumpuni. Sayangnya, doi pake Windows Vista.

– Masih belum cukup, Kedua, perintah untuk menginstall ulang Windows karena si virus atau apalah itu bisa “bersembunyi” dengan aman jika komputer sudah terlanjur terinfeksi ketika Windows belum di update. Hari itu aku ketar-ketir ngeback up file-file di laptop lab. Untungnya belum banyak… Tapi karena hari itu aku ga bawa portable drive apapun, seluruh fileku yang totalnya cuma 150-an MB aku uplot satu-satu ke Gmailku. haha…

Udah gitu, karena Original Packnya si Laptopku merupakan vista Jepang, laptopku harus diinstall dengan berbagai macam step untuk menghasilkan laptop yang berbahasa inggris. Taihen desu ne

– Ketiga, ga lama kemudian, datang perintah:

All students except Doctoral course cannot use Windows, so those who are not will be given Linux PC.

Linux????? Oh no! Walaupun artikel bisnis semua memuja-muja proses produksi Linux, bagiku Linux tak ada bedanya sebagai obstacle risetku. Di saat aku sedang giat-giatnya meriset, aku harus adaptasi dengan OS baru. Moreover, aku harus pake Open Office!!!! Sensei Assoc. Prof ampe bilang, “You’d better install Open Office in your home PC so you could work on both PC”. Mak inaaaaang…

Masalahnya belum berhenti sampai situ. AKu kira aku akan tetap mendapatkan dynaBook dengan Linux. Ternyata aku harus menunggu turunan laptop dari anak Master yang baru lulus.

Seminggu kemudian, tepatnya hari ini, aku mendapati laptop si senpai sudah teronggok manis di mejaku, dengan post it bertuliskan user password. Laptopnya NEC. Layarnya 14″ tapi bukan yang wide.

Tebal. Kotak. Tampak Jadul.

Sungguh suatu pemandangan yang berbeda ketika aku masih memiliki ikatan dengan dynaBook raksasa berwarna putih itu.

Aku utak-atik tuh Ubuntu. LUmayan, not so bad lah graphicnya, mirip Mac. Speednya juga oke.

Tibalah saat dimana aku harus membuka paper dengan file pdf. Si sistem nanya, aku mau buka pake apa. Eh, belum ada Adobe Reader ternyata. Akhirnya aku donlot dulu, dan dari donlot itu aku baru tahu kalau si laptop baruku itu pake Ubuntu. Dan dari donlot itu pula, aku baru tau, kalau untuk menginstall Adobe Reader aja aku perlu melakukan step ini itu sebelum akhirnya sadar bahwa aku tinggal search installernya dari software manager dan click… install.

Satu jam habis untuk usaha menginstall Adobe Reader….

Saat mulai asyik browsing paper, si laptop mulai melambat. Waktu ngeprint yang terkoneksi dengan wireless LAN, aku butuh setengah jam sendiri nungguin print task job to be done sebelum tahu bahwa the printer is not connected. Aneh, padahal aku udah terconnect dengan WiFi lab jadi harusnya sudah terconnect dengan printer juga. Akhirnya kuutak-atik tuh, tapi lambatnya minta ampuuuuuuuuuuuun.

Satu jam kemudian lagi, aku melihat logo intel di hand pad.

Intel Inside. Celeron M. Terkelupas, terkikis, dan luntur.

ASTAGAAAAA!!!!!!!!!!!!!!

BAHKAN DIA LEBIH JADUL DARI LAPTOPKU YANG UMURNYA 3,5 TAHUN!!!!!

*End Note*

Bukannya aku ga bersyukur. Tapi gap teknologi sebelum dan sesudah benar-benar njomplang. Aku sangat menyayangkan kenapa ini terjadi di saat aku sedang konsen-konsennya riset. Sudah pasti, ini akan membuat produktivitas menurun.

Hmm… atau teguran supaya ga streaming you tube di lab lagi?😛

Tagged ,

5 thoughts on “Buntu Sudah Ubuntu >_<

  1. [Gm] says:

    Wuidih, aku tertarik sekali untuk mengetahui alasan diskriminatif di atas; kenapa hanya mahasiswa/mahasiswi doktor yang boleh menggunakan windows?

  2. batari says:

    aduuuh kasihaaannya hahaha. udaaah ngeriset dari dorm ajaaa🙂

  3. trianani says:

    ouw no, my office soon will also change to Linux too..
    salam kenal😀

  4. mikha_v says:

    huhu,…aQ ingin bisa linux😛

    Ayooo datang kemari dan ajari aQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: