Pokoknya sudah placement test…

Aku ga tau apakah aku beruntung atau tidak. Pokoknya bersyukur, haha…

Semester lalu aku ngambil kelas bahasa Jepang yang berkredit dari Tokodai, level 1. Ternyata eh ternyata, kelas berkredit ini jatuhnya cuma setengah level dibandingkan teman-temanku yang rata-rata ambil kelas non kredit (dan ternyata bisa diminta kreditnya juga!).

Wajar saja, dengan aku yang malas belajar kalau bukan gara-gara ujian, bahasa jepangku ga maju-maju dari Ohayou Gozaimasu. Paling hebat ya… Nihon e ikimasu. Haha…

Jadi, selama liburan ini aku semangat belajar separo level lagi biar semester spring ini bisa ambil level 2. Syaratnya, harus ikut placement test lagi. Walaupun buku udah dibawa kemana-mana, sampai hari ini aku masih belum menyelesaikan 3 chapter sementara pendaftaran sudah mulai bisa dilakukan.

Karena takut ga dapat kelas (pengalaman semester lalu, selalu dapat kelas waiting list sampai akhirnya terlempar ke kampus di gunung suzukakedai… padahal sebelumnya aku ada kelas di Ookayama yang jaraknya 1 jam dari Suzukakedai), aku memutuskan untuk segera ambil placement test yang sekarang bisa dilakukan secara online kapanpun dimanapun!

Tiga chapter terakhir aku skim-read.

Dengdereng…

Tesnya tanpa batas waktu.

Di Mozilla ku pun aku pasang plugin Rikaichan yang bisa menerjemahkan kata-kata yang aku ga tau.

Buku masih terbuka di meja.

Tanpa bermaksud curang tapi tetap jujur (halah emang bisa ya?),

dan sambil terkantuk-kantuk,

hasil placement test langsung keluar dan aku dinyatakan bisa mengambil level 2.5 ke atas!!!!

Yah hahaha…

Pokoknya alhamdulillah… mungkin Allah tahu aku sudah berusaha tapi ga punya waktu buat mengejar seluruh materi, jadi aku dipermudah ujiannya😛 *terlalu positive thinking*

Anyway, toh aku tetap daftar ke level 2… dan waiting list juga.

Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian🙂

4 thoughts on “Pokoknya sudah placement test…

  1. batari says:

    selamaaat!🙂

  2. Acul says:

    Wah, selamattt yang Mbak Laras. Tp jujur, acul ngakakkk abiesss…soalnya ujiannya boleh pakai rikaichan dan open book..hehehe…but, anyway omedetou..:-)

    • meongijo says:

      bukan boleh sih, tapi ga berarti ga boleh juga. wong ga ada disclaimer sebelumnya… hahaha.. makasih ya😛

      • Acul says:

        sama2 Mbak Laras. Sukses selalu yah….can’t wait to start my blog after management trainee program (MT) here in Hamamatsu…hahaha^^

Leave a Reply

