Bersyukur dan Berbagi

Seorang teman sering protes padaku kira-kira begini,

“Ras hidup lo nyaman banget. Tanpa beban. Kuliah lancar. Pacar ada. Sedangkan gw?”

Yah kalau tolak ukur hidupmu cuma kuliah dan pacar, ya hidupku terlihat bahagia dan sempurna. Kalau kamu lihat dari sisi lain, hidupku juga ada aja masalahnya. Ga mungkin kita ga diuji, bahkan dalam kondisi terbaikpun kita sedang diuji rasa syukurnya.

Note: apalagi pacar??? Itu sih bukan tolak ukur hidup utama. Aku lebih senang menyebutnya satu-satunya bakal calon pasangan hidup dunia akhirat yang dimiliki lebih dini. Haha…

Semakin aku lihat ke atas, semakin iri. Kenapa sih aku ga begitu?

Sialnya hidupku selama 20 tahun mungkin diisi dengan melihat ke atas.

Dan untungnya aku ga mempermasalahkan iriku sampai ke ubun-ubun. Yang kulakukan hanyalah ngomel, lalu merenung meyakinkan diri sendiri bahwa “Kalau aku begitu mungkin aku sekarang dalam kondisi jelek”, ujung-ujungnya aku akan kembali bersyukur “Alhamdulillah hidupku cuma begini aja”.

Tapi ya itu, jadi mudah berpuas hati dan tidak memperbaiki diri, haha…

Jarang sekali aku melihat ke bawah. Yah paling-paling hanya tahu dari cerita teman. Aku ga pernah mencari mereka yang sedang berada dalam posisi bawah roda kehidupan.

Begitu aku melihat reality show isinya “hu hu hu” menyedihkan, langsung kuganti. Lebih baik nonton iklan.

Aku juga tidak peduli dengan mereka yang di jalanan, kuanggap mereka parasit. Semakin dikasihani, semakin tumbuh mereka.

Aku jarang berbagi kebahagiaan, baik moril maupun materil.

Belakangan aku sadar, walaupun aku bersyukur ketika aku iri dengan yang lain, apa artinya jika aku tak berbagi apa yang kusyukuri dengan yang di bawah? Syukurku  hanya logika saja. Hatiku tidak bersyukur. Ragaku pun tidak.

Lalu aku bertekad, aku harus sering-sering berbagi dan memperhatikan sesama. Mungkin masih jauh dari konsisten. Tapi lagi-lagi aku bersyukur karena di sampingku selalu ada yang mengingatkan🙂

One thought on “Bersyukur dan Berbagi

  1. junitariany says:

    Sama. Yah gitulah, Ras.

Leave a Reply

