PCPM 31 Bank Indonesia – sneak peek

*buka stats hari ini dan menganga…

image

Look at the hit, best ever! Cuma gara2 pcpm BI dibuka hari ini..

image

PCPM angkatan 31 ini dibuka pada saat BI sedang membutuhkan banyak sekali asisten manajer karena organisasi BI baru dirombak besar-besaran. Bisik-bisik tetangga, penerimaan sekarang bakalan lebih banyak dari angkatanku (30) yang cuma 150 orang (walaupun ada 150 lain yang masuk OJK sebagai pekerja kontrak waktu tetap).

Nah berhubung sekarang pengawasan BI udah pindah ke OJK, yg pengen masuk BI karena pengen jadi pengawas bank silahkan kubur dalam-dalam. Karena kabarnya dari jalur pcpm ini ga akan belok-belok ke OJK sama sekali..

Berhubung BI juga sedang melakukan penguatan kantor perwakilannya di luar jakarta, yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten di hampir semua provinsi di Indonesia, siap-siap aja penempatan di luar Jakarta. Bukan mau nakut-nakutin, tapi namanya PCPM dari awal sudah kontrak mati “bersedia ditempatkan di mana saja” – maklum namanya juga jalur calon pemimpin BI. Jadi harus bisa segala macam pekerjaan, baik pekerjaan di kantor pusat yang spesialis maupun di daerah yang generalis.

Kapan dirotasi hanya Tuhan dan bagian SDM yang tahu.. Tapi kabarnya bagian SDM sedang berusaha memelihara motivasi pekerja baru yang seringkali turun karena salah satunya lokasi penempatan ini. Yaaa bisa jadi nanti PCPM 31 sudah dalam cakupan kebijakan SDM baru yang lebih baik dan adil terhadap pegawainya di kantor perwakilan.

FYI: angkatan 30 ada yang penempatan inisialnya di Jayapura, Kupang, Kendari, Lhokseumawe, Sibolga, Palangkaraya, Ternate…

Masalah gaji.. Hmm.. Yah, buat fresh grad cukup tinggi lah. Walaupun frankly to say, gaji angkatan baru tidak setinggi angkatan sebelumnya jika kita memperhitungkan inflasi. Kenapa begitu, soalnya katanya BI sedang melakukan rasionalisasi gaji biar ga jomplang amat sama gaji di instansi lain. But dont worry, kalau ga sreg, sebelum tanda tangan kontrak (angkatan kami) diberitahu masalah gaji pada saat pendidikan dan nanti pas pengangkatan. Hal tersebut dilakukan untuk menekan perasaan kecewa setelah diangkat, yang banyak dialami penerimaan sebelumnya.

Tapi kalau masalah fasilitas, kesehatan dan hari tua tetap jadi pamor BI. Kesempatan sekolah juga ada.. Tapi menurutku don’t set those things as your motivation to enter BI, karena pada akhirnya di dalam nanti bakal menemukan hal-hal “lucu” yang membuat fasilitas tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya… Daripada kecewa belakangan, mendingan sekarang sudah meluruskan niat, atau berani menerima konsekuensi ke depan.

Oiya banyak juga yang nanya kenapa IT ga termasuk jurusan yang dibuka untuk PCPM. Yah sayangnya memang kebijakannya untuk angkatan 31 demikian.. Karena kita akan memperkuat IT, diharapkan tenaga IT yang masuk memang orang yang kuat di bidangnya. Sehingga kabarnya nanti akan ada jalur expertise yang akan dibuka untuk orang IT (entah kapan ya, tunggu aja). Soalnya kalau dipenuhi dari PCPM, nanti kebawa-bawa misi “generalisasi” dan “kader pemimpin BI” (ini sebenernya curhat saya sih, hehe.. Berhubung saya lulusan teknik industri tapi kadung nyebur di sistem informasi selama 5 tahun terakhir, niat spesialisasi IT di BI tetap sulit dilaksanakan karena ekspektasi terhadap seorang PCPM yang seharusnya generalis).

But in my opinion, walaupun punya background IT, daftar aja dulu.. Lumayan memperbesar kemungkinan, terutama bagi kalian-kalian yang ingin menghilangkan atribut IT dengan pengalaman-pengalaman bisnis. Kalau tetep ga keterima, we at least we know the cause and we’ve tried🙂

Oiya, PCPM 31 ini unik lho karena untuk pertama kalinya PCPM memiliki 2 jalur: jalur publik dan jalur perguruan tinggi. Jalur publik terbuka bagi semua orang yang memenuhi persyaratan. Sedangkan jalur perguruan tinggi merupakan jalur yang tertutup, bekerja sama dengan 10 universitas ternama di Indonesia untuk mendapatkan best talent. Makanya kita sering sebut-sebut sebagai talent scouting. Nah kalau kalian apply lewat salah satu dari 10 universitas tsb, dan mendapatkan undangan untuk mengikuti tes, berarti kalian masuk lewat jalur perguruan tinggi. Kalau apply lewat web, berarti jalur publik. Keliatannya tesnya barengan antara kedua jalur tersebut, tapi saya ga tau apakah nantinya akan ada perbedaan perlakuan (misalnya boleh tidak ikut tes tertentu atau mendapatkan special remarks).

Yang jelas, mau masuk dari jalur apapun, semua kesempatannya sama. Bukan berarti jalur perguruan tinggi selalu lebih baik daripada jalur publik. Pada akhirnya tetap tergantung garis tangan dan usaha. Makanya tunjukkan yang terbaik dan berdoa, sama banyak melatih ikhlas kalau ternyata belum berhasil.

Okeeeh.. Good luck yaa😀

Tagged ,

29 thoughts on “PCPM 31 Bank Indonesia – sneak peek

  1. tiara says:

    Mbak kalau bagian ITnya setahun sekali buka atau bagaimana ya?krn tmn saya backgroundnya ilmu komputer dan ingin mendaftar di bagian IT BI.trima kasih mbak:)

    • meongijo says:

      Ga tentu, tergantunv kebutuhan. Rencananya dalam waktu dekat akan ada pembukaan jalur ekspertise untuk IT (MLE)

  2. mbak, boleh minta nomor kontak ato emailnya?
    mau tanya-tanya tentang PCPM lebih lanjut nih. hehe.
    terimakasih sebelumnya.🙂

  3. anita says:

    assalamualaikum … mbak boleh disebutkan 10 perguruan tinggi itu mana saja ya ?? terima kasih🙂

  4. halo mb Ayu yg baik… boleh nanya take home pay nya PCPM BI berapa ya ? kalo keberatan exactly number how bout range 3 – 5 , 5 – 7 , or 7 – 9 ? makasiii sebelumnya =)

  5. meongijo says:

    Jaman aku kalo ga salah cuma 2 minggu doang. Tp sekali lagi, tiap tahun prosedurnya bisa beda2

  6. sari narulita says:

    Asslm mba, sy baru dpt info utk ikt tes pengetahuan umum tgl 22 agustus 2013.boleh sy minta email atau pin bb nya,buat sharing mgnai PCPM BI. Tks

  7. risty ridha purwa says:

    Mbak boleh tau email atau pin bb?
    Pengen nanya2 mbak
    Aku tes pcpm bi tgl 24 agust, tp ngeblank mau persiapan apa, keder juga sih mbak😦

  8. Stanley says:

    Halo mba, mau nanya kalau untuk salary PCPM, ada beda tidak antara s1 dan s2?
    Sy baru mau tes tgl 21 Aug tetapi masih ragu mengenai gaji setelah diangkat.

    Mohon pencerahannya. hehe

  9. meli says:

    Mba, bagi email ato kontak bb ny donk..
    Ak test tahap 1 tgl 21 agst, mau tanya2🙂

    • rini says:

      Hali beli, udah test yah hari ini ? Gimana soalnya ? Kasih gambaran dong bagi yg udah selesai test hari ini🙂
      Thx yaa🙂

  10. diah says:

    terimakasih untuk sharing pcpm BI nya mba, Insya Allah besok tgl 42 saya mau tes di semarang. oya mba ayu boleh minta alamat emailnya ? trimkasih

  11. Larissa says:

    Dear mba ayu, sama nih kayak postingan yg sebelum2nya😀
    Boleh ngga aq minta pin bbnya mba ayu.. Buat sharing2 ttg pcpm bi ini..🙂
    Terima kasih sebelumnya

  12. hase says:

    Salam mbak…
    Wuaduuhh,, baru tahu kalau ada 2 jalur masuk,, tau gitu lewat universitas.. hehehe… tp ttp dijalanin aja.. Rejeki sudah ada yang ngatur..

    Mbak,, mau nanya nih.. pada saat tes kn kt dimintakan untuk membawa dokumen asli, seperti ijsah, Nah.. gimana yang asli ijasahnya ga ada,,,?
    Maksud Q, casex kayak aq, Q kan sekarang masih terikat kerja di salah satu perusahaan Nasional, di aplikasi Q di beritahu kok kalau saat ini masih bekerja. Ijasahkn di pegang perusahaan sebelumnya.. apa gpp ya kalau datang tes-nya cuman membawa yang dilegalisir sj..??

    Thanks b4 mbak… ^_^

  13. Desty Purple says:

    bwt yang udah test gimana soal pengetahuan umum tuh kaya soal pengetahuan umum biasanya yang bahasa indonesia matematika dll, atau lebih ke kemampun umum?

  14. chandra says:

    mbak, maaf mau tanya…kebetulan skrg saya kerja sbg konsultan. dan ingin bergabung dengan BI. kalau boleh tau, dengan range salary spt itu, dalam satu tahun berapa kali gaji? sehingga, aku bisa compare dengan apa yg aku dapat sekarang.

    maklum, soalnya tesnya di luar kota, dan sekali tes butuh keluar biaya tiket pesawat.
    terima kasih sebelumnya.

    salam

  15. riezma says:

    yg udh test..please info donk isi tes nya kaya gmn..hehe ^_^
    hari ini sy test jam 15.30…

  16. ria says:

    maaf mbak. mau nanya tes pengetahuan dan kebanksentralan ini materi seperti apa ya? mhon jawabannya ya mbak. terima kasih

  17. reza says:

    mbak, klo bwat lulusan Teknik Industri fresh graduate kira2x apa yg mesti ditonjolin klo misal interview sama pihak BI y, soalnya kan di TI pelajaran seperti Makro Ekonomi cuma dapet 2 sks, terus pelajaran laen yg ada hubungan sama ekonomi (walau g nyambung dengan bank) cuma ekonomi teknik,,gimana y mba ??

  18. hendra says:

    Maaf nih mau tanya, kalo buat MCU nya yg di cek apa aja ya?
    Kebetulan saya lolos test tahap 1 & 2, tgl 21 kmrn baru test 3,.
    Minta info lengkapnya kalo ndak merepotkan, buat persiapan semisal lolos ke tahap 4..
    Oiya, kalo berkenan saya minta kontaknya biar pas saya bingung/bth info saya bisa langsung tanya..

  19. gievsgio says:

    Selamat siang sebelumnya mbak🙂. Salam kenal yah mbak
    Mbak, saya mau bertanya berberapa hal, antara lain :
    1. Lama sebelum nunggu pengangkatan itu berapa bulan yah mbak?
    2. Kalo masalah penempatan itu, nanti taunya kita saat kapan? apakah pada saat sign kontrak kita udh tau?
    3. Pada masa pcpm ini apa boleh menikah?

  20. ririn says:

    mbak..kalau boleh tau pcpm angkatan 30 dmna lokasinya ya mbak?

  21. riza says:

    permisi mbak. saya mendaftar di it analysis BI. itu kira2 kapan mbak pengumuman yg lolos ke tahap selanjutnya? Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: