Mengenal Berbagai Jalur Masuk Bank Indonesia

Berhubung banyak yang nanya soal apa itu PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) Bank Indonesia, post ini akan menjelaskan berbagai macam jalur masuk BI sebagai pegawai tetap. Ga cuma PCPM aja lho🙂

[NOTE: Ini berdasarkan pengalaman pribadi selama 3 tahun di BI. Bisa jadi sekarang programnya berubah, ada perubahan budaya, perubahan peraturan, dsb… Jadi mohon disikapi dengan lebih bijak yaa]

Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Jalur paling top saat ini. Paling prestisius sejak dulu. Program ini dimulai sejak tahun 50-an 1975 (kata salah seorang commenter) dan angkatan saya yang terakhir masuk di tahun 2012 merupakan angkatan 30. Ga setiap tahun dibuka dan tidak ada periode pasti jeda waktu antar angkatannya.

Karena PCPM sampai saat ini masih dicap sebagai “jalur kaderisasi pemimpin Bank Indonesia” (makanya dianggap paling prestisius even di dalam BInya sendiri) PCPM memiliki syarat minimal lulusan S1. PCPM pada dasarnya merupakan nama pendidikannya. Setelah seseorang diterima di jalur PCPM, ia akan menempuh pendidikan terlebih dahulu sebelum dapat diangkat menjadi pegawai BI.

Lama pendidikannya bervariasi, ada angkatan yang cuma 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun… Nah, kalau saya 9 bulan. Isi pendidikannya biasanya klasikal (belajar teori di kelas-kelas, ada ujiannya lo), kesamaptaan (siap-siap 6 pack dan gosong), bimbingan spiritual, dan On the Job Training (OJT). Nah hasil pendidikan ini akan menjadi input penilaian apakah seorang PCPM dapat diangkat menjadi pegawai tetap BI atau tidak.

Ketika diangkat, semua PCPM akan memegang jabatan asisten manajer (dahulu staf, sebelum diadakan restrukturisasi jabatan) tanpa terkecuali. Walaupun S2 atau S3 ketika masuk PCPM, tetap ketika diangkat ya asisten manajer dulu. By level, namanya G3. FYI, BI punya 9 level dari yang paling rendah ke tinggi:

  • G1 (messenger atau office boy)
  • G2 (Staf)
  • G3 (Asisten Manajer)
  • G4 (Manajer)
  • G5 (Asisten Direktur)
  • G6 (Deputi Direktur)
  • G7 (Direktur)
  • G8 (Direktur Eksekutif)
  • G9 (Asisten Dewan Gubernur).

Lalu kalau Dewan Gubernur levelnya apa? Ada yang berseloroh mereka levelnya G10, haha…

Oiya, tapi biasanya kalau udah S2 dan S3 sejak sebelum diangkat, akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk promosi atau mengisi jabatan yang membutuhkan gelar lebih tinggi dibandingkan yang baru S1.

Karena merupakan jalur “pimpinan”, seorang PCPM dituntut untuk menjadi seorang generalis. Kasarnya sih harus bisa dan harus mau mengerjakan segala bidang, mulai dari bikin model ekonometri, membangun sistem pembayaran, bikin ketentuan, event organizer, mengedarkan uang, sampai mesen kran air. Oleh karena itu, di setiap kontrak PCPM pasti ada pasal “sakti” bahwa “Saya bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri maupun Luar Negeri.”

Makanya salah satu derita PCPM yang akan diangkat jadi pegawai adalah deg-degan penempatan pertama. Tapi penempatan pertama bukan berarti permanen. Rotasi, mutasi (dan apalagi promosi) ke tempat yang berbeda, baik antar divisi, antar departemen, antar kota, antar provinsi (haha emang angkot), antar negara, pasti terjadi. Saya suka bergurau, hanya Tuhan dan DSDM (Departemen Sumber Daya Manusia) yang tahu kapan seorang PCPM dipindah dan kemana.

Selain itu seorang PCPM juga dituntut untuk selalu belajar dan meningkatkan kompetensi. Pegawai lain juga sama, tapi kalau PCPM ada tuntutan dan ekspektasi yang lebih. Apalagi kalau ditempatkan di luar Jakarta, di mana sekarang kondisinya minim pegawai yang berasal dari PCPM. PCPM seperti layaknya dewa, dipuja dan dihina.. Hahaha… Di satu sisi memang level kemampuannya rata-rata lebih tinggi dibanding jalur masuk lainnya (kecuali MLE ya), di sisi lain banyak pegawai non PCPM yang gimanaa gitu sama PCPM.

Namanya juga jalur pemimpin, lagi-lagi, career path PCPM termasuk yang paling jelas. Untuk sampai ke level G8 (Direktur Eksekutif) pasti ada dan memang diperuntukkan demikian.

Oiya, PCPM biasanya direkrut dari jurusan ekonomi, akuntansi, manajemen dan teknik industri. Beberapa angkatan PCPM terkadang merekrut jurusan teknik, statistik, psikologi, dan pernah juga dibuka lebar untuk hampir semua jurusan.

Multi Level Entry (MLE)

MLE punya nama lain, namanya jalur “Expert” alias berpengalaman. Berbeda dengan PCPM yang tidak membutuhkan syarat pengalaman (malah ada kecenderungan untuk merekrut as fresh as possible dengan menerapkan batasan umur), MLE membutuhkan syarat pengalaman minimal 1 – 3 tahun. Namanya juga jalur expert, kebutuhan MLE sangat spesifik bergantung pada expertise yang dibutuhkan BI secara berkesinambungan.

Expertise di bidang IT dan financial trading merupakan bidang yang biasanya selalu diMLEkan dan jumlah kebutuhannya banyak. Dalam jumlah yang lebih sedikit, ada arsitek, dokter, ahli bangunan, dan ahli listrik. Mungkin ada beberapa “ahli” lainnya yang pernah direkrut melalui MLE. Yang jelas, MLE ini memberikan sarana bagi BI untuk merekrut pegawai berdasarkan keahlian spesifik yang BI butuhkan pada saat itu dan keahlian tersebut dapat digunakan BI secara berkesinambungan.

Update Januari 2015: Seperti NOTE di atas, seiring dengan perubahan ketentuan, organisasi, kebijakan, dsb, MLE juga mengalami perubahan. Intinya sih sama, MLE merupakan jalur perekrutan pegawai yang diharapkan memiliki keahlian spesifik yang tinggi, sehingga dibutuhkan yang berpengalaman.

Sekarang MLE dibuka bener-bener multi entry, alias bisa diangkat di berbagai golongan. Bisa di G4, G5, G6, G7 (terakhir yang aku tau, ada G7 expertise yang direkrut, kabarnya sih dari jalur MLE). Oleh karena itu, lama pengalaman minimalnya akan berbeda tergantung dari golongan yang dibutuhkan.

Pegawai Tata Usaha (PTU)

Nah kalau PCPM dan MLE minimal S1, PTU dibuka untuk jurusan minimal D3. Dulu pernah ada kasus di mana ada lulusan S1 yang masuk lewat jalur PTU karena memang tidak disaring. Belakangan banyak S1 PTU yang menyesal karena sesuai namanya, PTU ini biasanya akan dipekerjakan di level administrasi pada departemen apapun. Oleh karena itu, sekarang PTU benar-benar dibatasi hanya untuk D3.

PTU juga ada pendidikannya. Lagi-lagi pendidikannya tidak seheboh PCPM, tapi rangkaian pendidikannya tetap sama. Ketika diangkat akan menjadi staf atau level G2. Dan kalau PTU, saat ini career pathnya pendek. Dari level G2 untuk G3 bisa 8 tahun, itu pun kalau benar-benar punya kemampuan lebih. Biasanya G3 akan lebih diprioritaskan untuk pegawai yang memiliki kemampuan analisis, padahal yang masuk PTU selama pekerjaannya di BI terlalu prosedural dan administratif.

Kasir

Anda Jujur? Memiliki fisik yang kuat dan tangguh? Seorang laki-laki?

Kasir diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan fungsi pengedaran uang BI. Sudah tau kan siapa yang mengedarkan uang rupiah yang saat ini dipegang? Seorang kasir memegang peranan penting dalam mengelola uang masuk dan uang keluar Bank Indonesia. Hitung duit milyaran, biasa. Di dalam ruangan dengan uang bernilai triliunan tanpa tergoda sedikitpun, biasa. Dan satu kemampuan yang kami selalu takjub dengan kasir adalah, kemampuan menghitung lembaran uang secara cepat.

Untuk menjadi seorang kasir minimal diperlukan gelar SMA. Lalu karena banyak bekerja dengan uang yang higienitasnya rendah, seorang kasir kini harus seorang laki-laki (katanya banyak kasus kasir wanita tidak dapat hamil karena pekerjaannya). Selain itu, kasir juga akan mengedarkan uang ke seluruh pelosok Indonesia dan hal tersebut merupakan pekerjaan yang berbahaya.

Kasir memiliki level G2. Career pathnya memungkinkan ia untuk naik lebih mudah dibandingkan seorang PTU, karena kasir hanya terdapat di dalam 1 fungsi, yaitu pengedaran uang. Jadi cukup banyak saya melihat level G5 yang dulunya adalah seorang kasir.

Lainnya

Selain 4 jalur favorit dan paling terkenal di atas, BI juga punya jalur rekrutmen khusus untuk keamanan. Dulu bahkan pernah ada jalur atlet.

Dahulu juga ada jalur khusus pengawas bank (PCPB). Perlakuan sama seperti PCPM, tapi kalau PCPB sudah pasti menjadi pengawas bank. Walaupun kini pada akhirnya tidak semua PCPB kini masih bekerja di perbankan. Jalur ini kini sudah tidak ada lagi.

Non Organik

Jalur-jalur yang saya sebutkan di atas merupakan jalur untuk pegawai tetap. Di BI tidak hanya ada pegawai tetap (organik), tapi ada juga non organik seperti  Tenaga Harian Outsourcing (THOS) yang merupakan pegawai non organik “level pertama”. Maksudnya level pertama di sini adalah mereka biasanya selalu diikutkan dalam acara departemen, hahahaha. Dengan kata lain, orang luar yang dianggap seperti BI. THOS levelnya G2 dan masih membawa nama perusahaan yang mengoutsourcingkan mereka.

Selain THOS, ada juga pegawai swakelola seperti saya dulu. Swakelola ini merupakan praktik yang relatif baru untuk memenuhi kebutuhan SDM yang sangat mendesak, spesifik, dapat dikerjakan oleh orang non BI tetapi pekerjaannya tetap menjadi tanggung jawab pegawai organik BI yang mensupervisinya. Oleh karena itu, proses perekrutan swakelola relatif mudah dan tidak panjang (ini cerita saya dulu waktu keterima di BI sebagai swakelola)

Swakelola biasanya membutuhkan rekomendasi, artinya kebutuhannya tidak diumumkan ke masyarakat luas tapi disebarkan secara person to person. Swakelola terikat pada divisi yang mempekerjakannya melalui sebuah kontrak kerja, bukan kepada DSDM.

Nah jadi, pertimbangkan baik-baik jalur masuk mana yang cocok untuk Anda untuk masuk BI🙂

Tagged , , ,

39 thoughts on “Mengenal Berbagai Jalur Masuk Bank Indonesia

  1. Jojo says:

    Mas…numpang tanya….klo cewe keterima lewat jalur pcpm, ntar bisa ikut suami ga? makasih mas

  2. Lauris says:

    Ka’ Ayu jadi lulus PCPM = G3(Asisten manajer)
    Kalo baca di detik gajinya 12jt, bener tuh ka’ Ayu?? Tolong dijawab ya ka’ Ayu thanks

  3. lia says:

    mau tanya gaji pokok pertama menjadi pegawai bi dibayar penuh? gaji dasar untuk s2 berapa yang baru menjadi pegawai bi? apakah gaji pertama dikaitkan dengan formulir pendaftaran calon pegawai bi melalui online?

  4. Kak, aku di BCA 3 tahun, di Bank jatim 6 bulan tpi belum S1.. skrng aku masih kuliah semester 7 tapi pengen msuk BI. Mohon pencrahan…

  5. wawan says:

    Mohon informasinya untuk Tes Tahap II itu apakah masih tentang penalaran atau gimana??
    Tes pengatahuan umum dan kebanksentralan itu apa aja materi atau ruang lingkupnya,.??
    Makasih Sebelumnya,.
    Buat yang ikut Tes tanggal 14 besok,.invte 29574E4D
    Bolehkan kita saling berbagi ilmu dan pengetahuan,.

  6. Rifan Kurniawan says:

    Apa benar Kalo bank BI hnya untuk Lulusan 7 univ terbaik?

  7. Suryani Hartini says:

    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat🙂

  8. Rachma says:

    Ka Ayu, kl boleh tau selama ini pernah dimutasi ke mana saja? Atau masih menunggu keputusan DSDM? Lalu gimana dgn teman-teman Ka Ayu yg lain (yg seangkatan)?

    Seru juga yaa by PCPM tyt harus menguasai segala hal…🙂

    Oiya, kalau lowongan MLE biasa di posting di mana ya? Saya ingin tau sertifikasi apa saja yg menjadi syarat utama seseorang layak diterima BI jika lewat jalur MLE.

    Trims.

  9. Nini says:

    Saya mau tanya.. kalo misal udah diterima, trus penempatannya tidak sesuai dengan yang diharapkan (misal terlalu jauhh dari daerah asal), apakah bisa ditolak? dan bila ditolak apakah saya bisa diblacklist BI? makasih

  10. novita says:

    Mohon maaf mbak, mau tanya,,saya lolos untuk tahap 4 psikiatri dan kesehatan, sedangkan kondisi saya sedang hamil 7 bulan,,sebelumnya tidak diperbolehkan hamil slama pendidikan, namun, perkiraan saya sebelum pendidikan saya sudah melahirkan, apakah ada kebijakan dari BI bagi yg hamil slama proses seleksi?atau mungkin ada yg memiliki pengalaman serupa?mohon bantuannya

  11. denny says:

    kalau dari pegawai Non Organic apa kira2 ada peluang untuk jadi pegawai BI?

  12. Ririn says:

    Yang diangkat jadi karyawan tetap BI itu biasanya berapa persentasenya dari semua trainee PCPM?

  13. raisha says:

    Pcpm bole juga tuh..tp kok trainingnya di LPPI, emg BI ga pny learning centre sndiri? Trus kok akomodasi dan pnginapan slama pndidikan tidak ditanggung BI? Sy yg kyawan slh 1 bumn ajah pas pndidikan di pusat dtanggung smua oleh bank

  14. tora says:

    mohon maaf boleh tanya, kalo pcpm itu dibatasi usia gak? dan kasih tau dong kisi2 pertanyaannya? dan klo ada yg tau nama outsorce BI, tolong di share donk gan, thanks

  15. iqbal says:

    kak ayu..klo kira2 di luar jakarta kapan dpulangin ke jakarta ?? tolong pencerahannya ya kak ayu hehehe

  16. ayi says:

    kak ayu, ayi mau tanya donk🙂 …

    1. ayi mau masuk PCPM, tapi kan belum buka tuh, jadi sementara mau masuk sbg pegawai tdk tetap (non organik).. setelah ayi diterima sbg pegawai non organik, apakah ayi bisa ikut PCPM bila nanti ada pmbukaan pndaftaran ?

    2. bila nanti diterima melalui PCPM, apakah bisa ikut suami, karna suami ayi TNI, jd pindah pndh gitu kak ? ,,,

    3. kira kira kapan ya kak, pmbukaan PCPM selanjutnya ? …

    itu aja kak,,, hehehe,, mksih bnyak ya kak…

  17. kalau pcpm tahun 2015 kira2 buka gag ea, n buka tanggal berapa bulan apa???

  18. Dwi says:

    Terimakasih pak buat infonya, ohya pak apakah peluang kerja jurusan akuntansi sektor publik sama dengan jurusan akuntansi?

  19. Rizky ryan says:

    Mas. Kalo lulusan S1 akuntansi/ manajemen. Maaf, cara mengikuti ujian gitu,gimana ya .? Kirim ke email saya rizkyperdana04@gmail.com

  20. Arisal says:

    kalo saya baru masuk kuliah bisa tidak untuk ikut test pcpm?

  21. alsep says:

    mas minta alamat emailnya. penting

  22. ciwank says:

    Untuk jalur THOS APA masih ada jalur until jadi pegawai tetap atau organik ???
    Trust apa ada rekomendasi dari bi until bisa ikut tes seperti PCPM atau jalur lainnya. Thanks sebelumnya at as informasinya

  23. culcul says:

    sori ya mas /mbak PCPM itu dimulai tahun 1975 bukan tahun 50 an..

  24. Ikhsan prasetyo says:

    saya pernah jadi pegawai THOS di BI, dari perusahaan PROVIS..

    saya mau tanya, saya mau masuk jalur kasir,,
    kalo jalur kasir itu dibukanya pertahun berapa kali ?
    dan biasanya di bulan apa saja ?

    terimakasih atas perhatiannya , . .

    • ra says:

      Maaf mau nanya mas, kalo krjaan d BI itu sebagai ajudan gubernur BI itu masuk yg G2 ya mas?? Dan jika masuk jalur provis itu, brrti masi THOS ya?

  25. GodBless says:

    bro/sis mau nanya nih.. jalur PCPM ini terbuka untuk semua jurusan kan? kebetulan saya lulusan hukum. Makasih

  26. anita says:

    pcpm ini diadainnya tiap tahun atau gimana ? terus cara kita biar tau ada perekrutan pcmpm ini gimana ya

  27. nnlatifah says:

    asslm
    mba saya sedang menunggu persetujuan pimpinan DPSI untuk swakelola BI, bisa tanya2 hubungi mba kemana ya ?

    terimaaksih.

  28. nurul says:

    siang mba….
    mhn bagi e-mail dong.
    sy msh kuliah, ntr stlh llus pgn krja d BI.
    mau tnya 10 kampus yg krj sma dgn BI tuh mna aj ya?

    trus klo pcpm jlur kmps pembedanya apa?
    mksh mba.

  29. deakarinda says:

    Kakak, aku udah kerja di BRI 3th. Umurku sekarang jalan 21. Aku pengen kerja di BI. Aku tahun 2016 baru lulus s1 jurusan ekonomi manajemen. Lowongan di BI gimana kak

  30. Reynold Tobing says:

    mohon info kalau ada penerimaan PCPM dan MLE. Minta pencerahannya juga untuk tahapan tesnya. Bantu email ke reynoldlumbantobing@gmail. trims

  31. alvinus says:

    Mas mw nanya,, ada kenalan saya dia krja di bank swasta Bank BTN trus apakah bisa pegawai non organik seprti dia di pindahkan atasan nya ke BI ???? Mohon di jawab

  32. Yulia says:

    Mo tnya ni Kak, penasaran n kepo banget ama temen ane, ktnya kerja d BI dia baru lulus S1, tp sdh kerja 1 th lalu, katanya bagian IO, tgsnya keliling BI, keluar pulau pula, apakah dia masuk THOS yg jalur non organik tadi, atau dia bohong ya, (banyak teman yang gak percaya sih), pakaiannya hitam putih,
    Thanks tuk jawabannya

  33. Gina Revianti says:

    Hiii…. Ka. Terimakasih untuk infonya. Kebetulan sy lulusan D3 dan berniat ingin mengikuti test BI melalui jalur PTU. Tapi setahun berapa kali ya ka jalur PTU dibuka? Apa tahun 2015 ini jalur PTU masih dibuka? Sy cari informasi di internet belum ada juga. Mohon pencerahannya, Terimakasih 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: