Find My Phone!

Hp gw jatuh di jalan, dan gw menemukannya kembali dengan Samsung Find My Phone!

Hari ini apes banget. Kereta gangguan, jadi gue naik gojek dari stasiun tanjung barat ke kantor. Dan udah pasti telat, padahal telat gue lagi rekor dan pasti dibahas sama pimpinan.

Di tengah jalan hujan, dan terpaksalah gue pake jas hujan abang gojek yang… you know, suka bau karena lembab. Udah gitu tetep aja celananya ga ketutup jadi basah juga.

Jadi sempurna banget lah, telat, basah, bau…

Di bundaran HI gw merenung, ya Allah combo banget hari ini. Eh hp gw nongol dari saku, duh ga aman banget bisa jatuh nih. Ya Allah…

Di perempatan Thamrin – Kebon Sirih, barulah kulihat kembali saku gw, yah si HP samsung S8+ (yang belinya pake harga normal pada saat promo launching, udah pake antri promo berjam2 tapi pas sampe kasir limit cc suami gw ga cukup – dan sampai
sekarang masih nyesel), udah ga ada.

Ya udah gw pasrah. Ini mah pasti jatuh di jalan. 10 menit kemudian gw sampai di meja dan buru-buru ngabarin suami gw lewat email. Sambil curhat ke temen gue. Gue telepon pake hpnya, ga diangkat.

Kemudian sebuah ide brilian dia lontarkan, “Eh coba Find My Phone aja kayak Iphone!”

Ya Allah, ga salah gue kerja di departemen IT dan punya temen IT bingits kayak dia wakakakaka… Gue masuk ke web
https://findmymobile.samsung.com dan coba login dengan seingatnya, karena gue juga lupa apakah udah bikin Samsung Account atau belum.

Eh masuk!

Eh bisa dilocate! Di Gambir. Dan gue ga lewat sana.

Terus gue liat fitur-fitur lainnya, wow ternyata bisa gue set supaya orangnya ga bisa matiin hp! Batere gue terdetect masih 51%. Jadi yang pertama gue lakukan adalah set supaya hp gw ga bisa dimatiin atau direstart. Dengan begitu hp gue
masih bisa dilacak selama baterenya masih ada. Secara otomatis ketika gue ngeset itu, Samsung minta set lock tambahan yaitu cuma bisa call nomor suami gue, unless dia masukin PIN. Dan gue tulis: “Hub nomor sekian – Laras Bank Indonesia”

Ring, lock, back up and wipe

Kemudian gue juga menemukan ada fitur Extend Battery Life. Oke sikaat! At least waktu gue buat nyari jadi semakin panjang.

Ada fitur ring my phone juga, dari namanya sepertinya itu akan membuat hp gue berbunyi dengan suara terkencengnya walaupun hp gue di set silent. Ok, let’s give it a try moga2 orangnya denger.

Terus tetep ga ada respon ke hp suami gue.

Ya udah gue kejarlah ke Gambir. Teman gue yang lain berbaik hati meminjamkan hp keduanya yang ada pulsa dan paket internet jadi gue masih bisa tracking sambil jalan. Sambil titip pesen, naik Opang aja jadi ada temennya kalau ada apa2. Bener
juga yah, gue kan ga tau bakal berhadapan dengan orang apa yang udah ambil hp gue dari jalanan.

Setengah jam dari gue lacak terakhir, gue tiba di Gambir. Sayangnya hp gue udah ga bisa dilacak lagi karena katanya hp gue ga ada sinyal. Liat di sekitar pin terakhir lokasi hp gw terlacak, ada pos polisi. Gue tanya apakah ada orang yang
nemuin hp, katanya polisi, ga ada laporan.

10 menit kemudian hp gue kembali terlacak, kali ini eng ing eng.. di Sampoerna Strategic Square!

“Bang ayo bang kita kesana!” – cem di pelem pelem action aja gue, tapi naiknya ojek instead of cool supercars or ninja bike with black tight suite. Opang nya juga udah tua, wakakaka..

Selama di jalan gue track terus, lokasinya ga berubah. Berarti dia udah menetap nih. Feeling gue, dia semacam ojek. Jadi sempet ke Gambir mungkin nurunin penumpang udah gitu ambil trip lagi ke Sampoerna.

Gue berpacu dengan waktu, takutnya dia berpindah tempat lagi. Sambil mikir apakah ini saatnya gue memanfaatkan fitur Back Up phone ke Samsung Cloud terus gue wipe out semua datanya, dan itu bisa gue lakukan saat itu juga dengan klik klik doang di Find My Phone.

Extend battery life

Untungnya sampai gue di lokasi, lokasi hp gue masih blm berubah. Tp gmn caranya ya nyari seorang di gedung begini. He could be anywhere!

Bisa aja gue pake “ring my phone”, tp klo orgnya ga di deket gue ya percuma.

Gue telepon masih ga diangkat.

Sambil cawe2 sama security di situ, gue nekat. Screen messagenya gue tulis: “sampoerna strategic square south lobby. Kalau dibalikin kasih uang, atau lapor polisi”

Habis itu gue coba telepon, eh sibuk. Wah berarti dia mencoba nelepon nomor yg gue cantumin. Gue telepon lg sampai akhirnya keluar nada sambung dan diangkat.

“Halo Pak” sapa gue dengan nada ramah. Kalau digalakin takutnya kabur.

Dia ngerespon. Katanya dia baru sampai kantor, janjian ketemu di lobby, jgn lapor polisi. Ya ayoklahhh ketemu di lobby..

Gue kemudian cerita sama satpam di lobby sambil nunggu orangnya dtg. Pas orgnya dtg, satpam itu nyeletuk, “wah ini mah kepala secure parkingnya sini.. haha..” haha ndasmuuu

Terus si bapak yg “nemuin” hp gue ini menjelaskan, dia td lg sama customer Uber mau ke Juanda (e tapi kok td berhentinya lama di Gambir ya? Hmmm..). Dia liat hp gue jatuh di jalan deket patung kuda dengan kecepatan tinggi, customernya bantu ambil, mau ngejar tp katanya gue cepet banget ilangnya lurus (ke arah medan merdeka). Padahal di versi gue, hp gue mah jatuhnya sebelum lampu merah kebon sirih, which is sebelum patung kuda. Oke itu mgkn masalah akurasi aja. Sambil gue timpalin, “Mungkin bapak nandain motor yg salah, soalnya kalau saya mah belok ke budi kemulyaan di patung kuda.”

Katanya hp gue dimasukin ke bagasi krn takut hujan (oh well that explains kenapa hp gw sempet ga kelacak). Terus abis drop penumpangnya di Juanda dia buru2 ke kantornya di Sampoerna. Baru sampai dan baru ganti baju pas gue telepon n bisa angkat (tp kok bisa bgt pas gw bilang mau lapor polisi).

Setelah gue terima hpnya, ternyata casing gue dalam kondisi terbalik. Ho ho.. berarti ada usaha mau buka baterai matiin hp dong, hihi… setelah gue teliti lebih seksama, ada sela yang lemnya keluar2. Hmm.. ada untungnya juga hp dengan baterai yg embedded di dalam…

Selebihnya, bagian sudut belakang retak dan bocel. Yah.. kalau itu hp jatuh dengan kecepatan tinggi, dan pengaman gue cuma casing kayak kertas n anti gores sih gue udh bersyukur banget kondisinya cm retak dikit. Oiya itu hp jg baru gue ganti layarnya karena retak, senilai 4 juta -> diingetin ama temen gue yg ngusulin pake find my phone, wah tambah nyesek kalau ilang beneran.

Singkat cerita, hp gue berhasil ditemukan dalam 1,5 jam setelah hilang. Thanks to temen gue yg ngasih ide pake Find My Phone, temen gue yg minjemin hp nya, dan si Bapak opang yg setia nungguin. hehe… alhamdulillah ya Allah, masih rejeki..

Ps:

Find my phone juga bisa dilakukan via google kalau hpnya android. Tp kalau Google cuma bisa sebatas tracking krn dia ga punya akses ke root system si hp seperti produsennya (kalau kasus gue, Samsung). Kalau punya akses ke root kayak Samsung, fiturnya bisa macem2 seperti yg gue lakukan tadi.

Fitur Find My Phone baru bisa dilakukan kalau di hp kita setting Find My Phonenya diaktifkan. Dan harus punya Samsung Account yaa.. ayo aktifkan sekarang

Leave a comment